10 Ikan Hias Termahal di Indonesia

10 Ikan Hias Termahal di Indonesia

Ikan hias dewasa ini telah menjadi salah satu primadona dengan peminat yang cukup banyak. Karena mudah dipelihara dan harga jual yang sangat tinggi, memelihara ikan hias menjadi satu hobi yang juga memberikan keuntungan selangit.

Berikut adalah 10 ikan hias termahal di Indonesia. Harganya ada yang sampai milyaran rupiah!

  1. Wolf Cichild
    Ikan Wolf Cichild adalah ikan hias dengan bintik emas dan hitam yang relatif murah untuk pemilik hewan peliharaan. Ikan Wolf Cichild terkenal dengan sifat yang agresif dan galak terhadap manusia dan ikan lain. Jadi jangan mencoba menggabungkan ikan Wolf Cichild dengan ikan lainnya yah. Harga dari ikan Wolf Cichild adalah sekitar Rp 280 ribu per ekor.
  2. Vampire Tetra
    Ikan jenis ini terkenal dengan serangkaian giginya yang tajam, ikan Vampir Tetra sendiri sangat sulit dirawat karena sering memangsa ikan lainnya. Ikan Vampir Tetra sendiri sangat sulit dirawat dan biasanya tidak bertahan lama di penangkaran.
  3. Pleco
    Ikan Pleco memiliki tampilan luaran yang berbeda tergantung dari ras mereka masing-masing. Meskipun terlihat seperti ikan air asin, sebenarnya ikan ini cocok untuk akuarium air tawar. Pleco dengan ukuran yang lebih kecil cocok untuk akuarium di rumah karena ukurannya yang lebih praktis.
  4. African Cichlid
    Ada banyak jenis Cichlids Afrika, tetapi ikan ini biasanya dijual dengan harga yang sama sekitar USD100-120 atau sekitar Rp 1,6 juta. Biasanya ikan ini lebih banyak diburu. Cichlids Afrika dapat hidup sekitar 5-10 tahun dengan rata-rata tumbuh sekitar 6-7 inci. Kepribadian ikan lebih agresif, tetapi tidak seagresif Wolf Cichlid.
  5. Red Texas Cichlid
    Ikan merah terang ini estetis, tetapi harganya tinggi biasa didasarkan pada ketersediaan yang terbatas. Ikan hibrida, dibiakkan dari Flowerhorn Cichlid dan Texas Cichlid, mereka tidak tersedia dan hanya dibiakkan secara musiman. Jika kebetulan mendapatkannya di Red Texas, ketahuilah ikan agresif seperti cichlids lainnya.
  6. Flowerhorn Cichlid
    The Flowerhorn adalah ikan Malaysia yang dapat hidup selama sekitar 7 tahun. Ikan ini dihargai karena warna neon yang cerah, merah, kuning, merah muda, dan biru.
  7. Mated Discus Pairs
    Ikan yang mirip berbentuk cakram dan berwarna cerah ini adalah salah satu ikan yang sangat sosial. Berasal dari Amerika Selatan, ikan ini sangat mungkin untuk dikawinkan didalam pengaturan akuarium dengan kondisi yang tepat. Harganya yang mahal dan corak yang indah membuat ikan Mated Discus Pairs menjadi pilihan jenis ikan hias yang tepat.
  8. Polka Dot Stingray
    Stingray Polka Dot yang cukup langka ini memiliki harga selangit, kisaran Rp 1,4 miliar. Karena terbilang sangat langka, Stingray Polka Dot ini adalah salah satu ikan yang sulit ditemukan dan dibeli. Jika berminat untuk memelihara Stingray Polka Dot, hati-hati terhadap sengatannya karena bisa menimbulkan cedera yang serius!
  9. Platinum Arwana
    Dikenal sebagai ikan naga di Cina, ikan Arwana adalah salah satu ikan air tawar eksotis yang paling terkenal dan populer karena penampilannya yang unik. Platinum Arwana adalah jenis Arwana yang paling mahal, mencapai Rp 4,22 miliar per ekornya.
  10. Koi
    Ikan Koi, yang sejenis dengan ikan mas, dikenal dengan sosok yang mulia dalam budaya Jepang. Untuk memelihara ikan Koi ini, Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup besar. Koi yang paling mahal pernah dijual sekitar USD 1.8 juta. Pembiakan, warna, dan garis keturunan dari ikan Koi membuat mereka sangat dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *