3 Hasil Perkebunan Indonesia Paling Diminati Pasar Ekspor

3 Hasil Perkebunan Indonesia Paling Diminati Pasar Ekspor

Berminat merambah pasar ekspor dengan hasil perkebunan, namun belum menemukan jenis komoditas yang tepat? Berikut 3 hasil perkebunan Indonesia yang paling diminati pasar ekspor ya Rekan Ekosis!

  1. Kelapa Sawit
    Tahukah Anda negara produsen minyak sawit mentah terbesar di dunia? Yap, Indonesia! Hasil produksi minyak kelapa sawit di Indonesia mampu mencapai angka 43 juta metric ton pada tahun 2019, dan berhasil menguasai pasar minyak sawit dunia hingga 47%.Sementara itu, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia menjadi yang terluas di seluruh dunia, dengan luas 11,75 juta hektare, tersebar di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kalimantan.
  2. Kakao
    Di tahun 2016, produk unggulan asal Sulawesi dan Sumatera ini mencapai total produksi hingga 712,231 ton dengan peningkatan produksi mencapai 3,5% per tahunnya. Hal ini menempatkan Indonesia di posisi ketiga sebagai produsen Kakao terbesar di dunia!
  3. Karet
    Menempati posisi ke-2 sebagai penghasil karet mentah terbesar di dunia, Indonesia mampu memproduksi karet hingga 3,2 juta ton per-tahun, lho!Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena syarat tumbuh kembangnya antara lain berada pada ketinggian antara 200-600 mdpl dengan suhu 25-35 derajat celcius.

Gambar oleh Tracey Wong dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *