3 Potensi Bisnis Sektor Pertanian

3 Potensi Bisnis Sektor Pertanian

Indonesia negara yang kaya akan sumber daya alam pada sektor pertanian menjadi sebuah peluang cemerlang bagi para pelaku agribisnis untuk terjun dalam bisnis pertanian. Industri pertanian memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan serta mencakup banyak aspek dan bukan sebatas soal tanam menanam.

Industri pertanian yang menjanjikan juga tidak hanya sebatas lahan dan modal besar. Berikut adalah 3 model bisnis pertanian yang Anda bisa jalankan:

1. Membuka Toko Alat Pertanian
Industri pertanian dan agribisnis tidak selamanya soal menanam, namun menjual peralatannya pun bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Para pelaku agribisnis yang menjual pupuk dan bibit pertanian juga tentunya perlu alat-alat pertanian seperti cangkul, alat penyiram tanaman, mesin pupuk dan lainnya yang tentunya sama pentingnya bagi setiap pelaku agribisnis sektor pertanian.

Petani-petani berskala besar tentunya membutuhkan alat pertanian guna meningkatkan produktivitas pertanian mereka.

Sedangkan di kota-kota besar, bisnis alat-alat pertanian cukup menjanjikan. Mengingat di beberapa kota besar ada banyak orang-orang yang hobi bertani di lahan sempit yang tentunya membutuhkan alat bertanian juga.

2. Benih Tanaman
Salah satu model bisnis industri pertanian adalah bisnis jual beli benih tanaman yang memiliki prospek yang bagus. Anda bisa menjual bibit tanaman buah-buahan, sayuran, ataupun benih lainnya seperti tanaman hias.

Untuk memulai bisnis pertanian dengan menggunakan bibit tanaman, Anda juga perlu menguasai metode pembibitan dan juga pemeliharaan bibit yang ingin Anda kembangkan. Pasar dari bibit tanaman ini sangat luas, meliputi petani baik di pedesaan ataupun di perkotaan.

3. Tanaman Hias
Prospek bisnis yang terakhir adalah tanaman hias yang sering dijumpai di perkotaan. Banyak orang menanam tanaman hias karena keindahan dan estetikanya dalam menghiasi rumah di perkotaan. Atas dasar itu, bisnis tanaman hias dilansir dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Bahkan beberapa jenis tanaman hias seperti adenium dan bonsai pernah mengalami masa booming dimana hampir semua orang mencari-cari tanaman tersebut dengan harga jual yang sangat mahal.

Nah kira-kira bisnis mana yang ingin kalian coba tekuni? Apapun pilihan agribisnis yang Anda pilih, tetap gunakan Ekosis sebagai ekosistem agribisnis paling lengkap yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis pada sektor Agribisnis!

Gambar oleh Rebecca Matthews dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *