3 Tips Penting Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

3 Tips Penting Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dalam membangun usaha, sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan, berikut Ekosis rangkum hal apa saja yang patut dilakukan dalam membina relasi jangka panjang dengan konsumen kita ya Teman Ekosis!

  1. Komunikasi
    Komunikasi adalah kunci, teman Ekosis! Pastikan kebutuhan pelangganmu selalu terpenuhi dengan baik, ya. Tunjukkan bahwa kamu selalu bisa dihubungi untuk masalah yang mungkin terjadi pada produk/jasa yang dijual.
  2. Layanan Melebihi Ekspektasi
    Layanan yang mengesankan akan membuat pelanggan terus datang kembali. Misalnya dengan mengirimkan produk atau layanan lebih cepat dari yang diperkirakan. Pelanggan akan berpikir kamu menaruh usaha (effort) lebih untuk pesanannya!
  3. Minta Feedback
    Tanyakan perasaan pelanggan terkait barang/jasa yang mereka terima. Apakah mereka mengalami pengalaman yang baik atau buruk? Pujian atau keluhan dari pelanggan itu berharga, lho! Pastikan kamu mendengarkan dan menanggapi kritik dan saran dengan baik, dan siap lakukan apapun demi kepuasan pelanggan.

Gambar oleh Werner Heiber dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *