4 Bisnis Ternak Hewan Paling Unik

4 Bisnis Ternak Hewan Paling Unik

Bagi sebagian orang hewan-hewan berikut mungkin menjijikan, tapi ternyata dapat menjadi lahan bisnis yang cukup menjajikan loh Rekan Ekosis!

1. Budidaya Jangkrik
Hewan yang aktif berbunyi di malam ini hari ini ternyata sangat potensial untuk dibudidayakan, lho!

Di wilayah Gunung Kidul, jangkrik dijadikan sebagai olahan makanan dengan omzet hingga puluhan juta rupiah! Olahan jangkrik dihargai hingga Rp 90 ribu per/kilogram.

Ditambah lagi, jangkrik juga sangat dicari untuk kebutuhan pakan ternak, mulai dari burung hingga ikan hias. Sangat menjanjikan, ya?

2. Budidaya Lintah
Siapa sangka permintaan pasar untuk lintah cukup tinggi? Seiring dengan menjamurnya pengobatan alternatif, kini lintah dijual hingga Rp 3000 per ekor.

Pemeliharaannya pun tergolong mudah, Lintah hanya membutuhkan kolam kecil dan cukup diberi makan dua minggu sekali. Hewan melata ini juga tidak mudah terserang penyakit dan mati.

3. Budidaya Tikus
Eits, tidak semua tikus bisa dibudidayakan lho, ya. Tikus yang dimaksud adalah jenis tikus putih alias mencit.

Mencit dicari untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk praktek laboratorium mahasiswa rumpun kesehatan. Selain itu mencit juga dicari untuk pakan reptil peliharan, seperti ular. Tak jarang juga yang menjadikan hewan mungil ini sebagai peliharaan.

Salah satu keuntungan budidaya tikus adalah pemeliharaannya yang mudah dan pertumbuhan tikus yang sangat cepat, sehingga Anda bisa cepat panen!

4. Budidaya Belatung
Hewan yang bikin bergidik banyak orang ini ternyata juga bisa dibudidayakan, lho!

Belatung dicari sebagai alat terapi tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Selain itu belatung juga diminati sebagai pakan burung dan ikan.

Gambar oleh István Asztalos dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *