4 Budidaya Ikan Air Tawar Paling Potensial

4 Budidaya Ikan Air Tawar Paling Potensial

Tahukah kamu? Saat ini hampir 60% konsumsi ikan di pasaran berasal dari perikanan tangkap laut. Sementara itu berdasarkan prediksi PBB, konsumsi ikan air tawar dunia di tahun 2021 diprediksi akan mencapai angka 19,6 kg. Wow! Yuk, simak 4 Ikan air tawar yang paling potensial untuk diternak!

1. Ikan Lele
Pemeliharaan ikan lele tergolong mudah dengan perputaran uang cepat. Lele siap dipanen hanya dalam 3 bulan saja. Bahkan bisa lebih cepat dengan metode budidaya yang modern!

Di Indonesia, umumnya jenis ikan lele yang banyak digemari adalah lele sangkuriang dan lele dumbo. Kamu lebih suka yang mana, nih?

2. Ikan Nila
Sepasang indukan nila bisa menghasilkan 250 hingga 1000 butir telur, lho! Pertumbuhannya juga terbilang cepat, sekitar 4-6 bulan hingga cukup untuk dikonsumsi. Selain itu, nila juga kuat dari berbagai penyakit yang biasa dialami ikan lainnya.

3. Ikan Mas
Ikan ini awalnya berasal dari Eropa dan Tiongkok, lalu berhasil dikembangbiakkan oleh masyarakat Ciamis, Jawa Barat.

Ikan mas mampu bertahan pada iklim tropis dengan suhu 23 hingga 30 derajat celcius, dengan tempat budidaya yang bervariasi, mulai dari tanah, sawah, empang, kolam air deras, hingga jaring terapung. Umumnya ikan mas akan panen dalam waktu 4 sampai 5 bulan saja!

4. Ikan Gurame
Dari sisi ekonomis, ikan gurame sebenarnya sudah dapat dikonsumsi saat berukuran 0,5- 1 kg. Meski begitu, di beberapa daerah ikan ini dibesarkan hingga berbobot 3-4 kg.

Meski Wilayah Asia Tenggara ikan gurame tergolong ikan favorit masyarakat untuk dikonsumsi, uniknya, di negara lain biasanya ikan ini hanya dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias, lho!

Gambar oleh PatternPictures dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *