4 Jenis Kayu Termahal di Dunia

4 Jenis Kayu Termahal di Dunia

Kayu adalah salah satu produk kehutanan yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Secara tidak kita sadari, produk kayu ternyata sering kita gunakan setiap hari.

Produk kayu sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita dan bisnis pengolahan kayu sendiri menjadi salah satu potensi bisnis yang cukup banyak diminati dalam dunia industri dan juga perdagangan.

Dari ribuan jenis kayu, ternyata ada juga kayu dengan harga yang mencapai ratusan juta rupiah per kilogram. Inilah 4 jenis kayu termalah yang ada di dunia.

1. African Blackwood
Jenis kayu pertama dengan harga mahal adalah African Blackwood yang juga masuk dalam keluarga Babasea dan sering ditemukan di daerah kering Afrika. African Blackwood sendiri bisa berdiri tumbuh 4 sampai 15 meter dan pertumbuhannya hingga 60 tahun. Kayu African Blackwood sangat tahan terhadap pembusukan dan cukup tahan terhadap serangan serangga.

Kayu ini biasanya lebih diolah menjadi alat musik seperti gitar dan piano. Selain itu, sering juga dijadikan sebagai bahan kerajinan ukiran yang indah. Permintaan pasar terhadap kayu ini sangat tinggi dengan harga yang mampu menembus Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per meter kubiknya.

2. Kayu Ebony
Kayu dengan warna hitam pekat ini termasuk salah satu kayu termahal. Pohon ebony sendiri dapat tumbuh hingga 40 meter dan memiliki kepadatan yang tinggi sehingga kayu Ebony akan tenggelam jika diletakkan di air.

Kayu Ebony sering digunakan untuk furniture dengan kualitas premium karena ketahanannya yang hebat. Di pasar internasional, harga kayu ebony sendiri bisa mencapai 30 juta rupiah per meter kubik. Di pasar Indonesia sendiri kayu Ebony adalah Rp 6 juta sampai Rp 10 juta per meter kubik.

3. Kayu Bubinga
Kayu Bubinga sama dengan African Blackwood banyak ditemukan di Afrika. Kayu Bubinga sendiri merupakan kayu dengan kualitas tinggi yang digunakan dengan tujuan membuat alat musik seperti kecapi dan bas dengan tampilan yang sangat mewah dan menghasilkan suara yang baik secara keseluruhan. Harga dari kayu Bubinga sendiri adalah sekitar Rp 5 sampai Rp 6.5 juta per meter kubik.

4. Kayu Gaharu
Kayu Gaharu sendiri cukup terkenal di Indonesia dan termasuk salah satu kayu termahal di dunia, bahkan menyaingi 3 kayu sebelumnya. Sedikit bercerita, kayu Gaharu tercipta karena adanya mikroba yang masuk ke dalam jaringan kayu yang terluka sehingga membuat getah yang berwarna coklat, wangi dan membuat kayunya lebih keras.

Karena aromanya yang wangi, kayu Gaharu juga digunakan beberapa perusahaan minyak wangi. Kayu Gaharu yang berkualitas tinggi biasanya dijual sekitar Rp 53 juta per kilogram di pasar lokal dan di pasar internasional harganya bisa mencapai Rp 133 juta.

Itu adalah 4 kayu termahal yang dimana Indonesia memiliki jenis kayu Gaharu yang bisa tergolong cukup mahal. Selain itu, permintaan kayu juga sangat tinggi dengan produk olahan yang berbagai macam.

Perkembangan teknologi juga memungkinkan para produsen dan pembeli produk kayu lebih mudah bertransaksi. Banyak aplikasi marketplace agribisnis seperti Ekosis yang tentunya memberikan peluang bagi para pelaku produsen dan pembeli produk kayu untuk bertransaksi secara online dan meraih keuntungan yang lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *