4 Limbah Ini Bisa Jadi Pakan Ternak

4 Limbah Ini Bisa Jadi Pakan Ternak

Selain lebih mudah untuk didapatkan, umumnya limbah pertanian juga tersedia dalam jumlah yang melimpah. Selain itu, teman Ekosis juga bisa menghemat banyak pengeluaran di sektor pakan. Mantap, kan?

  1. Ampas Kelapa
    Bungkil kelapa dan daging kelapa yang sering dibuang begitu saja ternyata bisa bermanfaat untuk pakan ternak, lho! Daging kelapa mengandung 18% protein kasar, 12% serat kasar, serta 8% lemak.
  2. Ampas Tahu
    Ampas yang dihasilkan dari proses pembuatan tahu ini memiliki kandungan 4% lemak, 1% abu, 18% protein, serta 52% air. Pakan ini termasuk sangat mudah untuk didapatkan!
  3. Jerami dari Tanaman Kacang-kacangan
    Jenis jerami ini adalah salah satu yang paling terkenal di kalangan peternak ruminansia. Biasanya yang digunakan untuk pakan ternak adalah jerami kedelai, jerami kacang hijau, serta jerami kacang tanah.
  4. Kulit Kakao
    Limbah yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk ternak ruminansia seperti domba dan sapi. Eits, jangan langsung diberi ke hewan ternak, ya. Kandungan lignin pada kulit kakao sangat tinggi, sehingga perlu dilakukan pengolahan fermentasi terlebih dahulu.

Sumber: Infoagribisnis.com

Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *