5 Fakta Menarik Pertanian Indonesia

5 Fakta Menarik Pertanian Indonesia

Indonesia memang cukup terkenal sebagai negara agraris karena dahulu mayoritas bekerja pada sektor pertanian.

Walau sekarang lahan pertanian sudah mulai berkurang karena pembangungan gedung-gedung, Indonesia masih menjadi eksportir terbesar dari beberapa komoditas pertanian. Selain itu, Indonesia sendiri memiliki fakta-fakta keren pada bidang pertanian.

Berikut 5 fakta keren pertanian Indonesia.

1. Eksportir Kopi Terbesar Ketiga di Dunia
Komoditas kopi di Indonesia memang melimpah. Indonesia juga terkenal dengan kopi khas dari berbagai daerahnya. Indonesia menjadi negara ketiga produsen kopi terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam.

Selain kopi tersebut, kopi luwak juga menjadi primadona di luar negri karena rasa dan aromanya yang lezat. Negara yang menjadi tujuan ekspor kopi terbesar Indonesia adalah Amerika Serikat.

2. Eksportir Tembakau
Jika banyak yang mengira tembakau hanya untuk bahan rokok, ternyata tidak hanya itu. Tembakau juga bisa menjadi bahan baku produk lainnya seperti obat flu maupun parfum jenis tertentu. Negara importir tembakau terbesar dari Indonesia antara lain Amerika Serikat, Rusia, Belgia, Jerman, dan Belgia.

3. Eksportir Rempah-Rempah
Wilayah Indonesia Timur masih menjadi daerah penghasil rempah-rempah terbaik Indonesia hingga saat ini. Jenis rempah-rempah yang diekspor Indonesia antara lain adalah biji pala, vanili, dan lada.

4. Eksportir Beras dan Sayuran
Memang Indonesia juga masih sering jadi pengimpor beras, namun Indonesia juga menjadi eksportir untuk beberapa negara seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, Amerika Serikat, hingga beberapa negara Eropa seperti Jerman, Italia, dan Belgia.

Dan kabar baiknya, nilai ekspor hasil pertanian Indonesia berupa beras ini mengalami peningkatan di tahun 2017 lalu dari sebelumnya hanya 81.28 ton menjadi 3.433 ton. Indonesia juga mengekspor sayuran untuk beberapa negara seperti ke Taiwan, Malaysia, Singapura, hingga Belanda.

5. Aplikasi Ekosistem Agribisnis yang Membantu Para Petani
Ekosis sebagai aplikasi ekosistem agribisnis terlengkap di Indonesia turut menjadi salah satu fakta keren guna mendukung berkembangnya sektor agribisnis. Berdasar survei KRKP (Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan), menyatakan bahwa pemuda di Indonesia 70 persen tidak tertarik menjadi petani padi. Bahkan anak petani pun kurang tertarik menjadi petani.

Tentu banyaknya generasi muda yang enggan terjun di alasan pertanian ini ada banyak alasan seperti bertani dianggap pekerjaan rendah, tidak ada jaminan finansial, investasi yang kurang menjanjikan, dan sangat jarang dikenalkan oleh orang tua saat ini.

Namun dengan menggunakan aplikasi Ekosis untuk berjualan produk-produk agribisnis, para petani bisa mendapat harga yang lebih tinggi serta memberikan jaminan finansial serta investasi yang lebih besar. Dengan begitu, generasi muda akan semakin tertarik untuk terjun pada industri pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *