5 Jenis Kambing Paling Dicari di Indonesia

5 Jenis Kambing Paling Dicari di Indonesia

Ingin memulai usaha beternak kambing, namun bingung jenis kambing apa yang laku di pasaran?

Berikut lima jenis kambing yang paling dicari di Indonesia ya Teman Ekosis:

  1. Kambing Kacang
    Kambing lokal asli Indonesia ini memiliki daya reproduksi yang cukup tinggi. Dagingnya sering dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai hewan qurban
  2. Kambing Peranakan Etawa (Kambing PE)
    Masih termasuk kambing lokal, jenis ini banyak dikembangkan untuk diambil susunya. Pasalnya, kambing peranakan etawa mampu menghasilkan hingga 3 liter susu setiap harinya.
  3. Kambing Etawa (Kambing Jamnpari)
    Kambing Etawa merupakan jenis kambing unggul yang dapat diternakkan sebagai penghasil susu maupun penghasil daging. Kambing etawa mulanya berasal dari India, lalu mulai dikawin- silangkan untuk memperbaiki kualitas keturunan kambing lokal di Indonesia.
  4. Kambing Jawarandu
    (Bligon/Gumbolon Koplo/Kacukan)
    Kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing PE dengan Kambing Kacang. Biasanya Kambing Jawarandu dimanfaatkan untuk diperah susunya. Hasilnya bisa mencapai 1,5 liter/hari.
  5. Kambing Boer
    Kambing ini dikenal sebagai tipe kambing pedaging terbaik. Dalam kurun waktu 6 bulan saja, kambing ini mampu berbobot hinga 35-45 kg. Bahkan di usia dewasa, bobotnya mencapai 90-100 kg. Kerennya lagi, kambing ini mampu beradaptasi dengan berbagai jenis iklim.

Sumber: hobiternak.com

Gambar oleh Capri23auto dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *