5 Jenis Teh Terpopuler di Dunia

5 Jenis Teh Terpopuler di Dunia
  1. Teh Putih
    Karakter rasa yang ringan dan melegakan membuat teh ini diminati banyak orang. Terlebih kadar kafein yang rendah membuatnya nyaman untuk dikonsumsi orang dengan lambung yang sensitif. Teh putih didapatkan dengan memetik daun teh yang masih sangat muda, tanpa menjalani proses penggulungan atau oksidasi, sehingga rasanya lebih ringan.
  2. Teh Hijau
    Proses untuk menghasilkan teh ini terbilang lebih panjang dibandingkan teh lainnya. Daun teh hijau dibiarkan layu guna mengurangi air dalam daun, lalu daun teh dikukus dan dikeringkan. Teh hijau yang paling populer berasal dari Jepang, yaitu Sencha dan Genmaicha yang memiliki warna yang lebih cerah, terdapat juga variasi lain seperti Gunpowder (bubuk mesiu) dan Matcha.
  3. Teh Hitam
    Teh paling populer di dunia jatuh pada teh yang satu ini. Faktanya, sekitar 165 juta cangkir teh hitam dikonsumsi orang Inggris setiap hari. Teh hitam melalui proses panjang hingga sangat teroksidasi, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang kuat dan pekat.
  4. Teh Oolong
    Teh oolong berasal dari daun tanaman camellia sinensis. Di China teh oolong telah dikonsumsi selama berabad-abad. Nah, seperti teh hitam, proses produksinya juga melalui oksidasi. Teh ini berwarna kuning tua atau hijau muda. Soal rasa, teh oolong cenderung lebih kuat dibanding teh putih, namun lebih ringan dari teh hitam.
  5. Teh Chamomile
    Berasal dari bunga Matricaria chamomilla, teh ini memiliki aroma bunga yang khas serta rasa yang ringan dan sedikit manis. Meminum teh chamomile mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin sehingga dapat meredakan kecemasan dan mengatasi gangguan tidur.

Sumber: kumparan.com, cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *