5 Tips Cara Sehat Makan Seafood

5 Tips Cara Sehat Makan Seafood

Yuk pintar-pintar mengetahui cara memakan seafood. Seafood kaya akan asam lemak omega-3 dan zat gizi lainnya yang baik untuk kesehatan.

1. Perhatikan Cara Memasaknya
Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Cara memasak paling aman adalah dengan dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali. Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa Anda konsumsi.

Contohnya, kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan, hingga ikan bakar. Gunakan panci kering atau rak masak yang memungkinkan lemak dari makanan menetes dan tidak mengendap!.

2. Tambahkan Banyak Rempah-Rempah
Untuk menambahkan cita rasa dan menjaga kelembapan daging, Anda bisa menambahkan rempah dan bumbu-bumbu lainnya sebagai pengganti garam.

Metode memasak ini dijamin memiliki aroma yang menggugah selera, namun tetap rendah kolesterol. Beberapa rempah juga ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol. Bawang putih, misalnya, dilaporkan dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL

3. Tambahkan Perasan Jeruk Lemon
Anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon di atas masakan seafood Anda. Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, sambil meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Sandingkan Dengan Makanan Berserat
Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Maka, sayuran dan kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang buncis menjadi makanan pendamping yang wajib ada saat Anda makan seafood.

Pasalnya, protein dari kacang kedelai berpotensi dapat mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kadar kolestrol LDL dan trigliserida.

5. Perhatikan Porsinya
Ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Maka, jika Anda ingin tetap makan seafood tanpa harus khawatir kolesterol naik, batasi seberapa banyak porsi yang Anda lahap, jangan sampai lupa diri. Jika Anda punya kolesterol tinggi, cukup konsumsi satu porsi makanan laut untuk satu kali makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *