7 Makanan untuk Kesehatan Mata

7 Makanan untuk Kesehatan Mata

Kualitas penglihatan kita memang sangat penting ya Teman Ekosis, makanan berikut cukup penting untuk menjaga kesehatan mata kita, yuk disimak apa saja.

  1. Ikan
    Agar dapat bekerja dengan baik, retina membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja dengan benar, yaitu Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Kamu bisa menemukan keduanya pada ikan berlemak seperti tuna, salmon, ikan air tawar, serta makanan laut lainnya. Omega 3 ini akan melindungi matamu dari AMD dan glaukoma, lho. Yuk, makan ikan!
  2. Labu
    Tubuh kita tidak bisa membuat lutein dan zeaxanthin, tapi kamu bisa mendapatkannya dari labu! Labu musim kemarau mengandung vit C dan seng,, sementara labu musim hujan mengandung vit A, C serta asam lemak omega 3 yang baik untuk mata.
  3. Sayuran Hijau
    Kamu bisa memilih antara kale, bayam, atau sayuran collard. Vitamin A yang terkandung pada sayuran ini dapat menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk diantaranya AMD dan katarak.
  4. Daging Sapi
    Daging sapi kaya akan zinc yang terbukti mampu menunda masalah penglihatan akibat usia seperti mata rabun hingga degenerasi makula.
  5. Buah Naga
    Tahukah kamu? Buah naga adalah keluarga dari kaktus yang paling berwarna, lho! Selain nikmat, buah ini juga mengandung banyak vitamin C yang membatu menyehatkan dan melindungi kornea mata. Buah-buahan lain yang menjadi sumber vitamin A dan C diantaranya paprika, tomat, stroberi, dan jagung.
  6. Kuaci
    Iya, bener! Biji bunga matahari yang sering menemani disaat ngemil ini mengandung vitamin E dan zinc yang bermanfaat untuk mata.
  7. Wortel
    Yang ini pasti kamu udah tau, dong? Selain mengandung betakaroten, wortel juga mengandung vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin yang membantu retina menyerap cahaya!

Referensi: sehatq.com, doktersehat.com

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *