Alasan Indonesia Stop Ekspor Nikel

Alasan Indonesia Stop Ekspor Nikel

Indonesia mengambil langkah tegas untuk melarang ekspor nikel yang mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2020. Keputusan itu tentunya mengguncang dunia, khususnya Uni Eropa.

Uni Eropa menyampaikan keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Komisi Eropa yang mengoordinasikan kebijakan perdagangan di UE mengatakan pembatasan itu tidak adil terhadap akses produsen pada produk bijih nikel.

Nikel yang menunjukkan prospek positif menjadi harapan bangsa Indonesia. Direktur Operasional Mining Industrial Indonesia, Ogi Prastomiyo berencana untuk tidak meningkatkan produksi nikel. Salah satu penyebabnya adalah harga komoditas di kanca global yang masih fluktuatif.

Adanya pelarangan ekspor nikel dikarenakan karena Indonesia sendiri sudah mulai menggunakan smelter nikel dalam negeri yang siap beroperasi bernama Smelter Pomala.

Selain meningkatkan keuntungan secara ekonomis, gencarnya pembangunan smelter pengolahan nikel di dalam negeri akan memberikan dampak positif bagi penyerapan tenaga kerja serta menambah pendapatan daerah setempat dan keuntungan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *