Benarkah Telur Penyu Bisa Menambah Vitalitas?

Benarkah Telur Penyu Bisa Menambah Vitalitas?

Manusia merupakan salah satu ancaman utama bagi penyu. Penyu ditangkap untuk diambil telur, daging, kulit, bahkan cangkangnya. Bekembang informasi bahwa telur penyu bisa menambah vitalitas, sementara dagingnya bisa menjadi obat dan ramuan kecantikan. Berikut faktanya!

  1. Mengonsumsi daging dan telur penyu sangat berbahaya bagi tubuh.
    Menurut data badan ketahanan pangan dan penyuluhan provinsi DIY, kandungan gizi yang dimiliki telur penyu nyatanya tidak berbeda jauh dengan kandungan telur ayam dan telur bebek.
  2. Kandungan kolesterol dalam satu butir telur penyu setara dengan 20 butir terlur ayam. Jika kadar kolesterol yang konsumsi melebihi kebutuhan tubuh, maka aliran darah akan tersumbat, sehingga dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, hingga menambah resiko terjadinya impotensi bagi pria.
  3. Telur penyu mengandung senyawa beracun yang disebut PCB (polychlorinated biphenyl). Senyawa ini dapat menyebabkan kanker, mengganggu sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan menyebabkan penebalan kulit. Senyawa ini juga tidak mudah untuk dikeluarkan dari tubuh, namun akan bertahan dan diturunkan pada anak-anak kita.
  4. Di dalam tubuh penyu juga terdapat bakteri, parasit, serta senyawa logam berat seperti merkuri, dan organoklorin yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
  5. Kandungan zat dalam tubuh penyu jika dikonsumsi oleh manusia dapat menyebabkan diare, mual-mual dan muntah, dehidrasi ekstrim, gangguan syaraf, penyakit ginjal, kanker, lever, berpengaruh pada perkembangan janin, hingga berakibat kematian.

Bagaimana, teman Ekosis? Masih berani mengkonsumsi penyu?

Sumber: kkp.go.id

Foto oleh Peggy und Marco Lachmann-Anke dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *