Beras Putih, Merah, Cokelat, Hitam, Apa Bedanya?

Beras Putih, Merah, Cokelat, Hitam, Apa Bedanya?

Tahukah Anda? Di dunia terdapat sekitar 40.000 jenis beras dengan berbagai macam ukuran, warna, dan tekstur yang berbeda! Beras-beras ini beragam dari segi kualitas hingga kandungan nutrisinya.

Nutrisi pada beras sesungguhnya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jenis tanah tempat padi ditanam, bagaimana beras diproses dari panen hingga pengemasan, sampai pengolahan beras hingga menjadi nasi.

Nah, kali ini kita akan bahas perbedaan 4 jenis beras paling populer, yaitu beras putih, merah, cokelat, dan hitam. Apa sih bedanya?

Beras Putih
Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah di buang. Padahal lapisan tesebut mengandung banyak nutrisi. Hal inilah yang membuat nutrisi pada beras putih tidak sebanyak jenis beras lainnya. Kelebihan beras putih adalah teksturnya yang lebih mudah dicerna, dan tidak mudah kadaluarsa.

Beras Merah
Warnah merah dari beras ini berasal anthocyanin yang berperan sebagai antioksidan dan anti-karsinogenik. Beras merah mengandung serat yang jauh lebih tinggi dibanding beras putih. Beras ini baik untuk melancarkan pencernaan, serta cocok bagi Anda yang sedang diet.

Dalam proses pengolahannya, hanya kulit luar (hull) yang dipisahkan. Ini membuat kandungan nutrisi pada beras merah lebih padat, yaitu vitamin B, kalsium, zink, zat besi, mangan, selenium, magnesium, fosfor, hingga molibdenum. Selain itu, kandungan zat besi dan zinc pada beras merah juga lebih tinggi dibandingkan beras cokelat.

Beras Cokelat
Seperti halnya beras merah, beras coklat mengandung serat tinggi, sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Dedak (bran) dan embrio (germ) pada beras cokelat kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan. Selain untuk diet, beras ini juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dan penyakit jantung.

Beras Hitam
Tidak mudah menemukan beras ini di Indonesia. Beras hitam biasa juga disebut beras ungu kerena warnanya akan sedikit luntur dan berubah keunguan saat dimasak.

Beras hitam dijual dengan harga tinggi karena kandungan gizinya yang sangat baik. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *