Berkebun Hidroponik dengan Modal 150 Ribu Rupiah

Berkebun Hidroponik dengan Modal 150 Ribu Rupiah

Ingin mulai beragribisnis, tapi belum tahu caranya? Tak perlu khawatir teman Ekosis! Saat ini sudah banyak tulisan dan video yang bisa memandu kamu untuk sukses beragribisnis. Cukup dengan menuliskan keyword hidroponik atau bercocok tanam. kamu akan menemukan ribuan video dan artikel yang membahas tutorial plus ilustrasi lengkap menanam berbagai macam sayurbuah, dan bahan pangan lainnya.

Apa sih yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke dunia tanam-menanam?

1. Media Menanam
Beberapa tanaman akan tumbuh lebih baik jika ditanam di tanah. Namun jika kamu tidak punya cukup lahan, banyak cara lain yang bisa dicoba, loh! Salah satunya adalah hidroponik, yaitu menanam dengan media air atau kapas, sehingga kamu tidak akan membutuhkan banyak lahan. Teknik ini juga dapat diterapkan di media apa saja.

Sebagai ganti lahan basah atau media tanah, kamu dapat mencari media lain yang mengandung unsur hara, seperti serabut kelapa, pasir, pecahan genteng, batu bata, hingga serbuk kayu.

2. Manfaatkan Bahan-bahan Bekas
Kamu punya pipa bekas? Botol bekas? Jangan dibuang dulu! Barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berkebun. Dengan menggunakan barang-barang bekas atau yang tidak terpakai, kamu bisa menghemat media bertanam, sekaligus menyayangi lingkungan dengan membantu mengurangi sampah.

3. Peralatan Lengkap untuk Berkebun
Sebelum membeli bibit, pastikan kamu sudah punya peralatan yang lengkap ya! Bibit yang sudah disimpan terlalu lama dengan fasilitas yang kurang memadai dapat mengurangi kualitas tanaman. Nah, alat dan bahan apa saja sih yang dibutuhkan?

Simak daftar berikut ya

Rincian bahan dan alat:

  1. Cangkul mini: Rp. 20.000 – Rp. 40.000
  2. Polybag plastik: Rp. 10.000 – Rp. 30.000
  3. Bibit tanaman: Rp. 10.000 – Rp. 50.000
  4. Pupuk Rp. 15.000 – Rp. 50.000
  5. Sekop mini Rp. 50.000 – Rp. 100.000
  6. Pot penyiraman Rp. 15.000 – Rp. 50.000

Total harga bibit hingga peralatan: Rp. 150.000 – Rp. 500.000

Dengan bahan dan alat di atas, kamu sudah bisa memulai bisnismu. Mudah dan murah bukan? Yuk, mulai sekarang!

Jika setelah mencoba teknik diatas dan berhasil panen, kamu juga bisa menjual hasil panenmu di Ekosis, jika kamu memilih menggunakan aplikasi smartphone, kamu juga bisa download aplikasi ekosis ya teman-teman.

Gambar oleh Cecep Risnandar dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *