Berkebun Sayur di Rumah dengan Pot

Berkebun Sayur di Rumah dengan Pot

Menurut pendiri Kekebun, Annisa Paraminta, Urban Farming alias berkebun di rumah bisa dimulai dengan menanam tanaman yang sering kita konsumsi.

Nah, berikut rekomendasi 3 tanaman untuk memulai kegiatan bercocok tanam mu di rumah!

1. Cabai

Cabai di Pot
Umumnya cabai ditanam melalui biji. Bijinya bisa diperoleh dari cabai yang sudah membusuk. Kalau kamu punya cabai yang sudah berubah warna menjadi cokelat atau tekturnya sudah mulai lunak, jangan dibuang dulu ya, teman Ekosis!

Begini langkahnya:

  • Jemur cabai yang mulai membusuk di bawah cahaya matahari
  • Setelah kering, buka kulit cabai dan ambil bijinya
  • Cuci biji cabai lalu benamkan di dalam tanah
  • Setelah ditanam, letakkan pot di bawah tempat yang teduh, namun tetap terkena cahaya matahari

Umumnya cabai sudah bisa dipanen pada umur 2,5 -3 bulan sejak ditanam.

2. Tomat

Tomat di Pot
Tomat dikenal kaya akan vitamin A dan C, serat, serta antioksidan. Selain itu, tanaman ini juga mampu berbuah di sepanjang tahun.

Tak jauh berbeda dengan cabai, menanam tomat paling mudah juga melalui biji. Bedanya, karena tomat termasuk tanaman yang merambat, sehingga dalam perawatannya butuh tegakan agar tanaman tidak rebah ke tanah. Kita sudah bisa memanen hasil kebun dalam waktu 3 bulan saja!

3. Seledri

Seledri di Pot
Selain menambah cita rasa masakan, tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat-obatan, terutama untuk menurunkan tekanan darah.

Budidaya seledri terbilang mudah. Cukup dengan memisahkan anakan (tunas atau bagian tanaman yang tumbuh di sekitar akar), lalu tancapkan anakan pada tanah yang gembur. Mudah, kan?

Foto oleh . ▃ dari Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *