Bisnis 5 Hewan Ternak Ini Paling Menguntungkan

Bisnis 5 Hewan Ternak Ini Paling Menguntungkan
  1. Bebek
    Di beberapa daerah di Indonesia, permintaan daging bebek cukup tinggi. Terlebih di Surabaya yang punya warung nasi bebek di setiap sudutnya. Beternak bebek bisa dibilang mudah dan low maintenance. Makanannya pun murah meriah, mulai dari dedak, bekicot, hingga ampas tahu. Seekor bebek Tegal bisa menghasilkan 200 hingga 250 butir telur per tahun, sementara bebek pedaging seperti bebek Magelang dalam 2 bulan bisa memiliki berat rata-rata 1,8 kg. Hmm, menarik, ya?
  2. Ayam
    Ayam bisa dipelihara untuk dijual daging dan telurnya. Bulunya pun dapat dijual sebagai bahan membuat kemoceng. Ayam Leghorn yang dikenal sebagai ayam petelur terbaik, dapat menghasilkan hingga 300 butir per-tahun. Makanannya pun murah dan mudah ditemui, lho! Seperti dedak padi, biji jagung, hingga pelet pabrikan.
  3. Lele
    Modal usaha ikan lele cenderung kecil, dan benihnya pun juga murah. Ikan lele dapat diternak dengan hanya menggunakan kolam terpal. Selain itu, daya tahan tubuh lele tergolong tinggi, ikan ini mampu hidup di area dengan kepadatan tinggi. Belum lagi peminatnya di Indonesia sangat banyak.
  4. Ayam Puyuh
    JIka lahanmu sempit, ayam puyuh bisa jadi solusinya! Ukurannya hanya 150-200 gram per ekor. Ayam puyuh betina juga sudah bisa bertelur sejak usia 6-7 minggu. Karena ukurannnya yang mungil, kamu bisa memelihara 6 hingga 8 ekor ayam puyuh setiap meter persegi. Sangat menguntungkan, hemat tempat dan hemat pakan!
  5. Itik
    Mirip dengan bebek, itik termasuk hewan yang low maintenance dan tidak mudah sakit. Dari segi pakan juga mudah, itik bisa memakan cacing, serangga, bekicot, ikan, hingga tanaman air. Telur itik hanya membutuhkan waktu 33-35 hari untuk menetas, dengan total mencapai 180 butir telur per tahun.

Sumber: Idntimes.comerakini.com

Foto oleh Kira Hoffmann dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *