Bisnis Sambal Beromzet Miliaran, Berawal Dagang Sepatu

Bisnis Sambal Beromzet Miliaran, Berawal Dagang Sepatu

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan sambal yang satu ini. Yap! Sambal Bu Rudy. Bisnis ini dimiliki oleh perempuan asal Madiun bernama Lany Siswadi. Ternyata kisah hidup beliau sangat menginspirasi, lho! Yuk, kenalan lebih dekat.

  1. Sekolah Hingga Kelas 4 SD
    Lahir pada era yang sulit di tahun 1953, ditambah lagi ditinggal oleh sang ayah, membuat Lany harus merantau ke Surabaya bersama ibunya. Kondisi keuangan mereka yang sulit membuatnya terpaksa harus putus sekolah.
  2. Berjualan Sepatu di Surabaya
    Pada tahun 1983, Lany berjualan sepatu di Pasar Turi, Surabaya untuk menyambung hidup. Malang tak dapat ditolak, pada tahun 2000 Pasar Turi mengalami kebakaran, sehingga bisnis Lany tak dapat dilanjutkan.
  3. Berawal dari Masakan Untuk Suami
    Suami beliau, Rudy Siswandi sangat gemar memancing. Hampir setiap pulang, Bu Lany selalu dibawakan udang. Dari sinilah lahir menu nasi udang dan sambal bawang ala “Bu Rudy”.
  4. Berjualan Keliling
    Kerap mencicipi sambal bikinannya, teman dan kerabat Lany akhirnya meminta beliau menambahkan menu ini ke warung mobilnya. Tak disangka, semakin hari peminatnya semakin banyak. Maka pada tahun 2001 diciptakanlah sambal bawang dalam botol tutup kuning berlogokan “Bu Rudy”.
  5. Omzet Capai 2 Miliar Setiap Bulan
    Setelah berjualan lebih dari satu dekade, kini Lany dapat memproduksi lebih dari 2.000 botol dalam sehari, dengan omzet hingga Rp 2 miliar setiap bulannya. Resellernya tersebar di Jateng, Jatim, Yogya, dan Bandung. Bahkan sambal Bu Rudy juga digemari di Malaysia dan Singapura, lho! Keren!

Source: Depotburudy.co.id, Kumparan.com

Gambar oleh edhyaruman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *