Cara Meningkatkan Harga Jual Rumput Laut

Cara Meningkatkan Harga Jual Rumput Laut

Pengolahan rumput laut dan produk-produk perikanan lainnya menjadi salah satu faktor pendongkrak naiknya nilai jual. Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan bahwa kendala terbesar produk rumput laut adalah pada prosesnya. Jika rumput laut tersebut sudah diproses, nilai jual bisa naik 10 kali lipat!

Menurutnya, saat ini belum ada satupun pabrik pengolahan rumput laut yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Masalahnya, investasi untuk pembangunan pabrik tersebut tidak murah, butuh sekitar Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar untuk satu pabrik.

Selama ini, rumput laut masih diekspor mentah-mentah ke China dan Korea. Disana rumput laut banyak diproses menjadi kosmetik dan obat-obatan dan produknya dijual kembali ke Indonesia.

Yugi mengatakan bahwa rumput laut yang diekspor sebaiknya sudah melalui proses di tahap satu, bisa dibuat tepung atau produk lainnya agar nilai jualnya semakin tinggi. Perlu juga pelaku usaha yang mau menggerakan sektor ini. Perlunya bisnis permodalan untuk menunjang para pelaku industri rumput laut juga sangat penting. Selain itu, bantuan mencarikan pasar rumput laut juga sangat membantu, kata Yugi.

Ekosis adalah aplikasi yang sangat tepat. Dengan fitur permodalan terbaru, Ekosis menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku industri rumput laut. Selain itu, Ekosis juga mendukung para pelaku industri rumput laut, mulai dari pemberian informasi.

Gambar oleh photosforyou dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *