Cara Segar Bugar Saat Berpuasa

Cara Segar Bugar Saat Berpuasa

Sering merasa lemas dan tidak bersemangat saat menjalani ibadah puasa? Yuk simak tips dari Ekosis berikut agar kita tetap bugar walau sedang berpuasa.

  1. Jangan Lewatkan Sahur
    Makan sahur sangat penting untuk bekal nutrisi selama berpuasa. Agar tidak cepat lapar, pilih karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah atau oat. Jangan lupa juga penuhi kebutuhan protein serta serat juga, ya! Kebutuhan gizi yang terpenuhi akan membuat tubuhmu sehat bugar sepanjang hari.
  2. Jaga Agar Tubuh Terhidrasi
    Minum setidaknya 8 hingga 12 gelas air putih setiap hari. Kalau bisa hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh. Karena sifatnya yang diuretik, kafein akan membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan akan cepat hilang dari tubuh.
  3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Manis, Asin, dan Berlemak
    Makanan manis akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Makan berminyak dapat meningkatkan kolesterol dan menimbulkan rasa lelah dan mudah mengantuk. Sementara itu makanan asin akan mengundang rasa haus.
  4. Tetap Berolahraga
    Olahraga akan membuat tubuhmu tetap bugar. Setidaknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit, 3 sampai 5 kali dalam seminggu.
  5. Cukup Tidur
    Kurang tidur akan menghambat kinerja otak, sehingga membuatmu mengantuk dan lemas di siang hari. Usahakan tidur lebih cepat, dan jangan langsung tidur setelah sahur, ya.

Gambar oleh 272447 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *