Drone Canggih Ini Bisa Diperintahkan Menanam Pohon

Drone Canggih Ini Bisa Diperintahkan Menanam Pohon

Perusahaan bernama BioCarbon Engineering berhasil menghasilkan solusi cepat dan sederhana yang bisa meningkatkan restorasi ekositem secara drastis hanya dengan menggunakan drone!

Drone ini dapat digunakan di area yang sulit dijangkau seperti hutan mangrove, dimana terdapat zona berlumpur yang akan sangat sulit diatasi dengan teknik penanaman tradisional.

BioCarbon Engineering memulai rancangan drone miliknya di tahun 2014, dan telah menanam sejak 2016. Hingga tahun 2019 lalu, mereka telah berhasil menumbuhkan 100.000 pohon di Australia dan Myanmar.

Dengan teknologi ini, pohon dapat ditanam 150 kali lebih cepat dan 10 kali lebih murah daripada metode penanaman yang digunakan saat ini. WOW!

Bagaimana Cara Kerjanya?

Drone dilengkapi dengan meriam kecil yang digunakan untuk menembak polong yang mengandung benih berkecambah, begitu juga dengan unsur hara dan pupuk untuk mendukung pohon yang mulai tumbuh.

Dua operator dengan drone ini bisa menanam setidaknya 36.000 pohon per hari. Sehingga dengan 100 tim dari dua operator, teknologi ini akan mampu menanam 1 miliar pohon per tahun.

Sumber: impakter.com

Foto oleh viya0414 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *