Ekspor Pertanian Indonesia Meningkat

Ekspor Pertanian Indonesia Meningkat

Kementerian Pertanian terus mendorong ekspor berbagai komoditas pertanian Indonesia untuk terus menembus pasar internasional. Upaya itu didorong dengan meningkatkan kualitas dari produk agribisnis serta mulai mengikuti standar-standar internasional untuk sektor pertanian.

“Sampai dengan juli 2019 ekspor perkebunan dan peternakan kita kita tumbuh meyakinkan, diatas 4% dibanding tahun 2018” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan Ketut Kariyasa.

Menurut Kariyasa, ekspor pertanian tahun 2019 tumbuh secara signifikan, jumlah ekspor komoditas perkebunan Indonesia mencapai 22,9 juta ton atau naik 4.4%. Jika dibandingkan dengan tahun 2013 yang dimana nilai ekspornya mencapai 32,5 juta ton, pada tahun 2018 nilai ekspor mencapai 41,3 juta dan terus meningkat pada tahun 2019.

Selain pertanian, kenaikan juga terjadi pada nilai ekspor peternakan Indonesia. Nilainya bahkan naik sebesar 47.2% dibanding tahun 2013. Di samping itu, kinerja ekspor komoditas hortikultura juga menigkat pesat sampai 37.8%. Nilai ini menjadi salah satu pendongkrak bagi perkembangan industri pertanian, peternakan dan komoditas hortikultura Indonesia.

“Capaian dan kenaikan tersebut tak lepas dari berbagai program terobosan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Bahkan diperkirakan ekspor komoditas perkebunan, pertanian, peternakan, serta hortikultura akan terus meningkat,” katanya.

Dengan semangat yang sama, Ekosis sebagai marketplace terlengkap di Indonesia mendukung penuh dalam meningkatkan kinerja pada sektor pertanian melalui teknologi digital terbaru dan fitur-fitur menarik yang dimiliki aplikasi Ekosis.

Ekosis memiliki visi dan misi untuk turut membantu pemerintah dalam meningkatkan kinerja sektor agribisnis Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan para petani melalui teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *