Fakta Keren Seputar Bambu, Ternyata Lebih Kuat dari Beton!

Fakta Keren Seputar Bambu, Ternyata Lebih Kuat dari Beton!

Berikut beberapa fakta menarik tanaman multifungsi ini ya Teman Ekosis!

  1. Mencetak Guiness World Record Sebagai Tanaman Paling Cepat Tumbuh
    Biasanya pohon kayu keras membutuhkan 30 hingga 40 tahun untuk dewasa, sementara bambu dapat mencapai kedewasaan penuh hanya dalam 1 sampai 5 tahun saja (tergantung spesies). Kecepatannya adalah 35 inci atau sekitar 89 cm per hari. Kalau dihitung-hitung lagi, bambu tumbuh hampir 4 cm dalam satu jam saja! Hmm… itu sebabnya bambu di-cap sebagai satu-satunya tanaman berkayu yang dapat mengimbangi konsumsi manusia dan deforestasi.
  2. Tumbuh Hingga 50 Meter
    Selain dapat tumbuh dengan sangat cepat, bambu juga bisa tumbuh sangat tinggi. Salah satu pohon bambu tertinggi yang tercatat adalah bambu raksasa Asia alias Dendrocalamus giganteus yang tumbuh hingga setinggi 50 meter!
  3. Daya Tahan Tinggi
    Tak hanya itu, bambu juga memilki daya tahan yang sangat kuat, lho! Bambu dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan kondisi iklim dimana tanaman lain gagal tumbuh. Keren banget, yaa!
  4. Lebih Kuat dari Beton
    Dari segi kekuatan tarik atau tensile strength, bambu ternyata lebih kuat dari besi. Sementara dalam hal menahan hantaman, bambu lebih kuat dari beton lho teman Ekosis! Gak salah kalau dulu bambu runcing jadi senjata perlawanan bangsa kita, ya!

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *