Garuda Indonesia Menggunakan Drone untuk Bisnis Kargo

Garuda Indonesia Menggunakan Drone untuk Bisnis Kargo

Pertumbuhan teknologi digital dan kecerdasan buatan semakin lama semakin berkembang pesat. Peningkatan pembelanjaan secara online juga meningkat sangat pesat. Kebutuhan kargo dan pengiriman logistik semakin tinggi. Kebutuhan terhadap angkutan kargo juga melonjak 11 persen per tahun.

Seiring pertumbuhan kebutuhan kargo, dan permintaan pengiriman yang cepat dan instan, perusahaan-perusahaan semakin berlomba untuk memberikan solusi pengiriman kargo. Banyak perusahaan juga sudah berencana untuk menggunakan teknologi-teknologi canggih seperti drone untuk mengirimkan kargo. Salah satunya adalah PT Garuda Indonesia Tbk yang akan menggunakan drone dalam bisnis kargonya.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda, Mohammad Iqbal mengatakan bahwa Garuda Indonesia memang akan menggunakan drone dan sedang melakukan uji coba yang dilaksanakan di Aceh dan akan dilakukan selama 3 bulan. Dalam masa uji cobanya, drone akan mengangkut barang berkapasitas 500 kilogram dan menjangkau jarak kurang-lebih 1200 kilometer dengan kecepatan 300 kilometer per jam!

Setelah Aceh, uji coba akan dilakukan diberbagai wilayah seperti Maluku, dan Manado. Pemerintah Indonesia sendiri juga berfokus untuk mulai mengirimkan sumber daya alam seperti perikanan dan perhutanan yang sulit dijangkau oleh angkutan logistik. Nantinya, drone akan mengangkut ikan hidup dan mengirimkan ke pasar dengan cepat sehingga masih menjaga kesegarannya.

Dengan adanya pengoperasian drone diharapkan dapat memberi nilai tambah terhadap layanan dengan memangkas biaya logistik sebesar 30% dan waktu tempuh pengiriman barang yang semula 2 sampai 4 hari menjadi 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *