Hasilkan 15 Juta Per-Bulan dengan Berkebun di Pekarangan Rumah

Hasilkan 15 Juta Per-Bulan dengan Berkebun di Pekarangan Rumah

Bapak Junaidi, seorang pengusaha sayuran di Bengkulu, sukses menghasilkan hingga 15 Juta Rupiah Per-Bulan, dari pemanfaatan halaman belakang rumahnya menjadi kebun. Kok bisa? Berikut rahasianya:

  1. Belajar dari Youtube
    Sukses dengan bisnisnya, ternyata Pak Junaidi tidak memiliki dasar ilmu pertanian sama sekali. Beliau hanya belajar mandiri dari Youtube. “Asal ada kemauan dan usaha untuk belajar pasti bisa!” ucapnya.
  2. Menggunakan Pola Tanam Hidroponik
    Sayur ditanam dengan media air. Dengan metode ini, sayur lebih cepat panen, lebih subur, lebih bersih dan higienis. Penggunaan pupuk atau nutrisi juga sangat mudah. Pupuk cukup dilarutkan dan disalurkan melalui pipa. Sehingga tidak memakan banyak waktu dan tidak ada yang pupuk yang terbuang.
  3. Pengolahan Sangat Mudah
    Hanya dengan pemberian nutrisi dan medianya hanya air. Tanaman tidak perlu disiram setiap hari, dan cukup dialirkan air saja.
  4. Dalam 1 Bulan, Hasil Sudah Bisa Dipanen
    Dalam waktu 1 bulan saja, tanaman sayur sudah bisa dipanen. Masa panen untuk produk sayur tergolong sangat cepat, terutama sayur seledri. Beliau juga menanam sayur lainya seperti kemangisawi, dan kangkung.
  5. Penjualan mencapai 8-10 Kg Per-Hari, Untuk Setiap Jenis Tanaman
    Dalam waktu 2 bulan, hasil panen sudah bisa dipasarkan 8 hingga 10 Kg sehari, dengan harga per kilo 20 ribu rupiah. Itu baru penghasilan untuk 1 jenis tanaman saja, loh! Jika dihitung-hitung, penghasilan beliau bisa mencapai 15 juta perbulan, hanya dengan mengandalkan pekarangan rumah. Inspiratif sekali, bukan? Yuk, coba!

Jika kamu berminat untuk mencoba teknik diatas namun bingung untuk mencari pembeli, kamu bisa download aplikasi ekosis. Ekosis menghubungkan pelaku usaha agribisnis, agar produsen & konsumen bisa melakukan transaksi secara adil dan transparan melalui platform jual/beli online (marketplace).

Sumber: Android TV Bengkulu

Foto oleh 家志 刘 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *