Inovasi Tambang Fosfor dari Air Kencing?

Inovasi Tambang Fosfor dari Air Kencing?

Fosfor lazimnya diperoleh dengan cara tambang dari batuan. Penambangannya terdapat di Marokko, Sahara Barat, China, Yordania dan Afrika Selatan.

  • Merusak Lingkungan
    Penambangan fosfor dianggap merusak lingkungan, karena dilakukan secara besar-besaran. Penambangan besar-besaran akan memicu semakin menipisnya cadangan mineral dan dikhawatirkan akan habis dalam dekade mendatang.
  • Membahayakan Kesehatan
    Unsur fosfor umumnya terkandung dalam batuan bersamaan dengan unsur lain yang membahayakan kesehatan, seperti logam berat kadmium atau unsur radioaktif uranium.
  • Proyek Recycling Air Kencing
    Bastian Etter yang menggagas proyek ini menyiapkan tempat penampungan, berupa toilet mobil yang dipasang di keramaian umum.Dalam uji coba yang dilakukan di pemukiman kumuh, Afrika, dalam dua hari dari 1000 liter air kencing, bisa dipanen 70 liter pupuk cair dan 930 liter air. Hasil tersebut dapat langsung memupuk dan mengairi lahan pertanian seluas 2.000 meter persegi.
  • Target
    Proyek ini menargetkan memperoleh mineral berharga, memanfaatkan air secara bijak, dan menyediakan sarana WC bagi kawasan yang tidak memilikinya. Wah, hebat!

Sumber: liputan6.com

Gambar oleh Jasmin777 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *