Jamur Jenis Ini Pernah Dihargai Hingga Miliaran Rupiah

Jamur Jenis Ini Pernah Dihargai Hingga Miliaran Rupiah

Berikut fakta-fakta tentang jamur yang pernah dihargai hingga miliaran rupiah ini:

1. Berasal Dari Eropa
Jamur ini pertama kali diperkenalkan di Eropa, dan hingga saat ini sudah ada di 36 negara di dunia. Terdapat dua jenis truffle yang memiliki harga fantastis, yaitu jamur truffle hitam dan putih.

Truffle hitam berasal dari Perigord, barat daya Prancis. Biasanya subur di bulan September hingga Desember. Sementara truffle putih biasa ditemukan di wilayah Piedmont, Italia Utara, pada waktu musim dingin dan musim gugur.

2. Sangat Sulit Dibudidayakan
Jamur truffle biasa tumbuh di bawah pohon ek, poplar, beech, atau hazel. Jika ingin membudidayakan truffle, setidaknya harus menanam pohon ek terlebih dahulu.

Jamur tumbuh liar secara alami, sehingga tidak bisa dikontrol produksinya. Terlebih banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya, seperti kandungan tanah hingga cuaca.

3. Punya Beragam Manfaat dan Khasiat Ajaib Bagi Tubuh
Jamur truffle diklaim dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, karena antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu jamur truffle juga berkhasiat mengobati sakit kepala, melancarkan peredaran darah, hingga membantu pembentukan otot

4. Pernah Dihargai Hingga 1,5 Miliar
Normalnya, truffle hitam dibanderol sekitar Rp5,6 juta per 450 gram. Sementara truffle putih dibanderol sekitar Rp31 juta per 450 gram.

Di tahun 2018, seorang warga hongkong berani membayar 30 kali lebih mahal dibanding harga pasaran untuk jamur ajaib ini. Jamur truffle putih terjual hingga Rp1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia.

Teman ekosis, ada yang pernah nyobain jamur yang satu ini?

Sumber: Indonesianchefassociation.com, idntimes.com

Foto oleh Didier GARZANDAT dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *