Kata Siapa Makan Seafood Bikin Pintar?

Kata Siapa Makan Seafood Bikin Pintar?

Hidangan laut atau yang biasa disebut seafood sering dihindari karena berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan penyakit-penyakit lainnya. Namun beberapa penelitian membantah mitos tersebut, bahkan jenis makanan tersebut memberikan dampak baik bagi kesehatan jika diolah dengan cara yang tepat.

Faktanya, seafood terbukti memiliki kadar protein yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan makanan lainnya. Kadar lemaknya pun rendah, dan kandungan Omega-3 di dalamnya sangat tinggi dan bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh Anda.

Dilansir dari kumparan.com berikut adalah 7 manfaat seafood bagi tubuh Anda:

1. Meningkatkan Daya Ingat
Banyak yang masih belum tahu bahwa dengan mengonsumsi ikan laut sekali seminggu, dapat meningkatkan daya ingat anda. Tidak hanya meningkatkan daya ingat, mengonsumsi ikan secara teratur juga dapat mempertahankan daya ingat anda agar tetap baik.

2. Menurunkan Resiko Hipertensi
Selain meningkatkan daya ingat Anda, manfaat lain dari seafood untuk kesehatan adalah menurunkan resiko hipertensi. Jika dimasak dengan baik (tanpa minyak berlebih), seafood memiliki kadar lemak jenuh yang rendah serta mengandung sumber protein yang baik.

Ditambah dengan asam lemak Omega-3 di dalamnya yang dapat mengurangi risiko hipertensi. Sekedar informasi tambahan, jenis-jenis ikan dengan kadar Omega-3 yang tinggi adalah salmon, sardin, kembung, bandeng dan makarel.

3. Meningkatkan Kesuburan
Manfaat selanjutnya mungkin masih jarang didengar. Bagi pasangan yang tengah mengharapkan kehadiran buah hati, dianjurkan untuk rajin memakan ikan salmon karena kandungan Omega-3 dan protein yang tinggi sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi dan dapat meningkatkan peluang kehamilan menjadi dua kali lipat.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Kandungan Omega-3 dalam jenis ikan laut, cumi, dan udang mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda. Hal inilah yang kemudian memperkecil resiko Anda untuk terkena penyakit jantung. Tapi perlu dicatat, proses pemasakan tidak boleh digoreng dengan minyak berlebih.

5. Mencegah Alzheimer
Manfaat seafood lainnya adalah untuk kesehatan otak yang dimana dapat mencegah penyakit alzheimer. Banyak kandungan seafood seperti ikan laut, udang, dan kerang terbukti mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer. Tidak hanya alzheimer, kandungan tersebut juga terbukti mampu mengurangi depresi, demensia, serta memperbaiki mood Anda.

6. Menjaga Berat Ideal Tubuh
Dibandingkan dengan daging sapi atau ayam, daging ikan laut terbukti memiliki kadar protein yang lebih tinggi dan kadar lemak yang lebih rendah. Itulah alasannya kenapa mengonsumsi daging ikan mentah dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal.

7. Mencerdaskan Otak
Manfaat terakhir dari seafood adalah mencerdaskan otak buah hati Anda yang masih dalam kandungan. Percaya atau tidak, seorang ibu yang sedang hamil yang secara teratur mengonsumsi ikan akan melahirkan anak dengan kecerdasan di atas rata-rata.

Itulah 7 manfaat seafood yang berguna bagi kesehatan Anda. Walau banyak rumor beredar mengenai bahayanya makan seafood, namun dengan proses memasak yang benar, sajian seafood tersebut dapat memberi banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda! Silahkan dicoba.

Foto oleh 昕 沈 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *