Kenal Lebih Dekat Dengan Lautan Nusantara

Kenal Lebih Dekat Dengan Lautan Nusantara
  1. Luas Lautan
    Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil, diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jika ditotal, luas lautan mencapai 3.273.810 km persegi. Sesuai hukum internasional, batas teritorial laut Indonesia adalah sepanjang 12 mil, serta zona ekonomi eksklusif (ZEE) sepanjang 200 mil. Wah, luas sekali ya?
  2. Kedalaman Laut
    Rata-rata kedalaman laut di Indonesia mencapai hingga 200 meter, dengan beberapa lubuk dan palung laut yang dalam. Salah satu palung terdalam ditemukan di wilayah Banda, dengan kedalaman mencapai 7,4 km. Tidak hanya itu, di laut Indonesia juga terdapat beberapa gunung berapi yang masih aktif!
  3. Kaya Akan Spesies Hewan Air
    Indonesia menempati posisi ke-3 di dunia sebagai negara dengan kekayaan spesies ikan air tawar terbanyak, yaitu mencapai 1155 spesies. Dari jumlah tersebut, 440 spesies termasuk spesies endemik, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara ke-4 di dunia dengan spesies endemik terbanyak.
  4. Terumbu Karang Terluas
    Dengan luas 39.500 km persegi yang mencakup 16% habitat kerang dunia, menjadikan wilayah terumbu karang Indonesia sebagai yang terluas di Asia Tenggara.
  5. Spesies Penyu Terbanyak
    Indonesia sangat kaya dengan spesies penyu, loh! Buktinya, 6 dari 7 spesies penyu laut dunia dapat ditemukan di Indonesia. Laut Indonesia menyediakan tempat bersarang dan mencari makan, serta jalur migrasi penting yang terletak di persimpangan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Apa lagi nih fakta soal laut Indonesia yang kamu tahu? Sharing di bawah yuk, teman Ekosis!

Sumber: ublik.idmongabay.co.id

Foto oleh wasis wibowo dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *