Kenali Nutrisi Pada Buah dan Sayur dari Warnanya

Kenali Nutrisi Pada Buah dan Sayur dari Warnanya

Kandungan nutrisi pada buah dan sayuran tersebutlah ternyata yang membuat warnanya bervariasi Teman Ekosis!

  1. Merah
    Buah atau sayur bisa berwarna merah karena kandungan likopen. Likopen merupakan antioksidan kuat yang membantu menurunkan resiko kanker dan menjaga kesehatan tulang. Contoh: tomat, strawberry, ceri, semangka, dan apel.
  2. Ungu/Biru
    Antosianin yang memberi pigmen biru atau ungu pada tanaman merupakan antioksidan yang melindungi sel, serta menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Contoh: terong, blueberry, anggur, dan plum.
  3. Jingga/Kuning
    Warna cerah pada buah dan sayur berasal dari karotenoid alias betakaroten. Tubuh akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A yang membantu menjaga kesehatan lambung dan mata. Buah yang mengandung banyak betakaroten diantaranya: ubi jalar, nanas, jeruk, belimbing, labu, dan wortel.
  4. Hijau
    Sayuran hijau mengandung berbagai fitokimia, diantaranya karotenoid, indoles, dan saponin yang bersifat anti kanker. Antara lain ada pada alpukat, apel hijau, selada, timun dan seledri.
  5. Putih/Cokelat
    Buah dan sayur berwarna putih mengandung fitokimia seperti allicin (terdapat pada bawang putih) yang merupakan antivirus dan antibakteri. Buah yang termasuk dalam kategori ini diantaranya pisang, kentang, jamur dan kurma.

Sumber: health.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *