Kenali Trik Pemasaran Sesuai Jenis Pembeli

Kenali Trik Pemasaran Sesuai Jenis Pembeli

Para pakar neuroeconomic telah membagi tiga jenis pembeli menjadi tightwards, spendthrifts, average spenders. Masing-masing memiliki pola pendekatan yang berbeda.

1. Tightwads (Concern pada anggaran dan rencana)
Pembeli jenis ini sebisa mungkin menahan pengeluarannya, Kalimat yang lugas dan jelas seperti “Dapatkan lebih banyak di masa dengan berinvestasi di sini, sekarang juga!” akan lebih menarik bagi mereka ketimbang kalimat dengan basa-basi.

Kamu juga bisa menggunakan data angka, bagan, dan grafik sebagai daya tarik yang meyakinkan.

2. Spendthrifts (Pengeluaran didorong oleh emosi)
Pembeli jenis ini adalah kebalikan dari yang pertama. Mereka berbelanja lebih banyak, dan takut akan perasaan menyesal jika tidak membeli.

Kamu bisa menarik hati mereka dengan iklan yang memainkan emosi. Misalnya dengan video atau gambar dengan gambar yang lucu dan menyenangkan.

3. Average Spenders (Pengeluaran didorong oleh emosi dan analitik)
Pembeli jenis ini berada di tengah-tengah. Mereka membeli barang yang bisa dirasionalkan sebagai investasi yang baik, namun juga memanjakan diri dengan berbelanja yang juga dianggap rasional.

Untuk menjual ke average spenders, gunakan promosi yang menggugah emosi sekaligus data-driven. Misalnya produk dengan jaminan uang kembali, garansi seumur hidup, atau pengiriman gratis untuk menekan rasa takut mereka akan penyesalan jika tidak membeli produk.

Sumber: dewaweb.com

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *