Manfaat Cengkeh bagi Tubuh Kita

Manfaat Cengkeh bagi Tubuh Kita

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah dengan manfaat yang sangat banyak. Selain manfaatnya yang melimpah, cengkeh juga memiliki rasa sedikit manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh pada umumnya digunakan untuk tambahan bumbu pada makanan khas Indonesia.

Nutrisi yang terkandung dalam cengkeh bisa dibilang sangat banyak. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E. Sungguh menakjubkan!

Cengkeh sendiri memiliki berbagai macam keuntungan lainnya yang tidak diduga! Silahkan baca lebih lanjut untuk mengetahui khasiat-khasiat cengkeh!

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
    Manfaat cengkeh yang pertama adalah mampu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, hingga mual. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diare kronis dan disentri kronis.
  2. Melindungi Fungsi Hati
    Kandungan antioksidan dalam cengeh memantu melindungi organ dari radikal bebas. Hati juga salah satu organ dalam tubuh yang bisa dilindungi dari radikal bebas oleh cengkeh. Cengkeh juga memiliki sifat hepatoprotektif yang bisa melindungi fungsi hati.
  3. Menguatkan Tulang
    Manfaat cengkeh selanjutnya adalah menguatkan tulang. Kandungan dalam cengkeh yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kuncup bunga kering cengkeh mengandung senyawa yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih. Manfaat cengkeh bagi kesehatan lanjutannya adalah membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh, maka kesehatan tubuh akan meningkat. Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, cengkeh mampu mengobati peradangan dan infeksi.
  5. Mengatasi Sakit Gigi
    Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang mampu mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Selain itu senyawa ini juga efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Manfaat cengkeh ini jarang digunakan, namun kamu bisa mencobanya untuk mengatasi sakit gigi yang kamu derita.
  6. Mengobati Tukak Lambung
    Tukak lambung disebabkan karena penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Kondisi ini bisa disebabkan dari beberapa faktor salah satunya stres dan infeksi. Minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalang asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.
  7. Membunuh Bakteri
    Sifat antibakteri yang dimiliki cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli. Selain itu, cengkeh juga membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalam cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.
  8. Meredakan Nyeri
    Jika kamu mengalami nyeri akibat peradangan, kamu bisa gunakan cengkeh untuk meredakan sakitnya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalam cengkeh dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf. Akan tetapi, masih diperlukan studi klinis pada manusia untuk memastikan manfaat cengkeh yang satu ini.
  9. Mengatasi Mual dan Muntah
    Minyak cengkeh bisa mengatasi rasa mual bahkan muntah. Cengkeh memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh dan bisa memberikan efek tenang karena minyak esensialnya.
  10. Menghilangkan Noda dan Guratan di Kulit
    Minyak cengkeh juga dipercaya dapat menghilangkan noda dan guratan yang ada di kulit. Noda atau guratan yang disebabkan oleh luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan minyak herbal dari cengkeh.
  11. Kondisioner dan Mencegah Rontok
    Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner. Aplikasikan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 5 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat cengkeh, rempah-rempah kecil yang kaya akan kandungan yang bergizi dan baik untuk tubuh. Sekarang Anda bisa membeli cengkeh di aplikasi Ekosis. Silahkan download aplikasi Ekosis di Playstore dan mulai menggunakannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *