Mengenal Ayam Cemani: Unggas Sekelas Lamborghini

Mengenal Ayam Cemani: Unggas Sekelas Lamborghini

Ayam bukan sembarang ayam. Disaat ayam-ayam lain berakhir di penggorengan untuk jadi makanan kita sehari-hari. Namun, ternyata berbeda dengan unggas cantik asal Jawa Tengah yang satu ini.

Serba Hitam
Ayam Cemani namanya. Dari luar keanggunannya sudah tampak dari warna hitam yang melekat dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Akibat mutasi gen, bukan hanya tampilan luarnya saja yang hitam pekat, namun daging hingga tulangnya pun berwarna hitam!

Darahnya Pun Hitam?
Menurut peternak cemani, sebenarnya warna darahnya tidak benar-benar hitam, melainkan merah sangat gelap. Namun banyak juga yang mengaku pernah melihat ayam cemani berdarah hitam, lho! Rekan Ekosis, mungkin ada yang pernah lihat?

Dipercaya Memiliki Kekuatan Magis
Bagi sebagian masyarakat Jawa, ayam ini dipercaya sebagai simbol status dan keberuntungan. Tak jarang juga yang mengolahnya sebagai obat-obatan tradisional.

Darahnya Dianggap Sakral
Darah ayam cemani yang dianggap sakral juga sering digunakan dalam upacara pengorbanan. Misalnya saat ada proyek pembangunan, pemilik mengorbankan ayam cemani agar beruntung dan membuang sial.

Harga Fantastis
Dilansir oleh vice, Wira Kusumah, seorang peternak asal Jawa Barat, mengaku dapat menjual satu ekor ayam cemani seharga US$4.000 atau setara Rp58 juta! Bahkan tak sedikit yang mengaku menjual ayam cemani dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah.

“Biasanya, makin hitam darahnya, makin mahal pula harganya,” ujar Wira.

Gambar oleh Andy M. dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *