Mengenal Fitobiotik, Pengganti Antibiotik Ternak Ramah Lingkungan

Mengenal Fitobiotik, Pengganti Antibiotik Ternak Ramah Lingkungan
  1. Apa itu Fitobiotik?
    Fitobiotik merupakan tanaman yang dapat berfungsi sebagai feed additive dalam formulasi pakan, untuk meningkatkan produktivitas ternak.
  2. Tanamannya apa aja, sih?
    Contoh fitobiotik yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit pada ternak diantaranya temulawak, kunyit, jintan hitam, bawang putih, dan jahe.
  3. Bagaimana penggunaanya?
    Fitobiotik dapat diberikan secara langsung atau dibuat dalam bentuk ekstraksi. Dapat berupa bubuk yang dicampurkan di dalam pakan ternak, atau dengan memberi sediaan cairan yang ditambahkan pada air minum, atau diminumkan ke mulut ternak.
  4. Apa Manfaatnya?
    • Meningkatkan fungsi dan kekebalan tubuh
    • Sebagai anti–stress atau immunomodulatory, khususnya pada ternak yang memakan zat anti-nutrisi, mengalami diare atau gangguan pencernaan lainnya
    • Meningkatkan bobot badan dan produktivitas ternak
    • Pengawet alami pada pakan ternak dengan efek anti-microbial
    • Meningkatkan fungsi liver dan ginjal, meningkatkan produksi sel darah putih, dan menghambat replikasi virus

Beberapa tanaman obat (fitobiotik), khususnya pada peternakan unggas, telah tersebar di beberapa negara maju seperti Belgia, Spanyol, dan negara lain seperti India yang sudah mulai menerapkan sistem ini sebagai feed additive pada pakan ternak.

Sementara di Indonesia, penggunaannya tergolong masih banyak dalam bentuk jamu yang diproduksi secara rumah tangga dan sudah mulai dikembangkan oleh Universitas maupun produsen pabrikan pengobatan serta pelaku importir produk obat hewan di Indonesia.

Sumber: paktanidigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *