Mengenal Industri Kopi Indonesia

Mengenal Industri Kopi Indonesia

Taukah kamu? Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia.

Kenalan lebih jauh yuk dengan primadona yang satu ini!

  1. Kopi adalah penghasil devisa terbesar keempat untuk Indonesia setelah minyak sawitkaret, dan kakao.
  2. Kopi di Indonesia mencangkup total wilayah hingga 1,24 juta hektar. 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika.
  3. Provinsi-provinsi yang berkontribusi paling besar untuk produksi Robusta diantaranya Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Sementara untuk produksi Arabika terbesar terdapat di daerah Aceh dan Sumatera Utara.
  4. Produksi kopi Indonesia masih rendah dibanding negara penghasil kopi lainnya. Pada tahun 2015, Indonesia memproduksi 741 kg biji robusta/hektar, dan 808 kg biji arabika/hektar. Sementara vietnam mampu memproduksi 1500 kg/hektar, sementara Brazil mencapai 2.000 kg/hektar.
  5. Total produksi Indonesia per tahun rata-rata sekitar 600 ribu ton. Dari angka tersebut, Indonesia mampu menyuplai 7% kebutuhan kopi dunia!
  6. Indonesia memiliki berbagai kopi khas Indonesia yang mendunia, diantaranya kopi luwak, kopi Toraja, kopi Aceh/Gayo, kopi Mandailing, serta kopi Bali/Kintamani.

Kalau jenis kopi favoritmu yang mana nih, teman Ekosis?

Jika kamu berbisnis kopi dan ingin mencari produsen kopi untuk memasok kebutuhan bisnismu, kamu bisa download aplikasi ekosis, disitu kamu bisa mendapatkan kopi langsung dari petaninya dengan harga transparan, selain itu di ekosis kamu juga bisa melacak lokasi tanam, teknik tanam, dan tanggal panen dari produk yang kamu beli.

Sumber: swa.co.idpaktanidigital.com

Foto oleh Diese lizenzfreien Fotos darfst du zwar verwenden dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *