Mengenal Kekayaan Hutan Indonesia

Mengenal Kekayaan Hutan Indonesia

Keanekaragaman hayati yang terkandung di hutan Indonesia meliputi 12 persen spesies mamalia dunia, 7,3 persen spesies reptil dan amfibi, serta 17 persen spesies burung dari seluruh dunia.

Menurut WWF, dalam rentang tahun 1994 hingga 2007 saja, ditemukan 400 spesies baru dunia di hutan Kalimantan. Peneliti meyakini masih banyak spesies lain yang masih tersembunyi di antara kekayaan hutan Indonesia, loh!

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaan hayati tertinggi di dunia, alias megabiodiversitas. Sayangnya, saat ini deretan satwa liar sudah terancam punah. Sebanyak 184 jenis mamalia, 119 jenis burung, 32 jenis reptil, dan 32 jenis amphibi tercatat sebagai satwa terancam punah oleh IUCN (2011).

Di balik itu semua, kerusakan hutan di tanah air juga cukup memprihatinkan.

Menurut Kementrian Kehutanan Republik Indonesia, setidaknya;

  • 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia menyusut tiap tahunnya.
  • Dari sekitar 130 juta hektar hutan yang tersisa di Indonesia, 42 juta hektar diantaranya sudah habis ditebang.
  • Ancaman paling besar bagi hutan Indonesia adalah penebangan liar,, kebakaran hutan dan eksploitasi hutan secara tidak lestari untuk pemukiman, industri, maupun akibat perambahan.

Sebagai makhluk yang saling membutuhkan, mari tingkatkan kesadaran kita terhadap kelestarian hutan dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Yuk, sayangi hutan kita. Awasi orang-orang merusaknya, jangan ikut serta dalam upaya perusakan hutan. Selamatkan hutan kita!

Sumber: wwf.or.idgreenpeace.org

Foto oleh stokpic dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *