Menyulap Cangkang Telur Jadi Pupuk Organik

Menyulap Cangkang Telur Jadi Pupuk Organik

Siapa sangka, selain rasa telurnya yang nikmat dan kaya protein, ternyata cangkangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik, lho!

Dalam penelitian Ori (2011), cangkang telur terbukti mengandung 98,2% kalsium karbonat, 0,9% magnesium, dan 0,9% fosfor. Membran cangkang terdiri dari 69,2% protein, 2,7% lemak, 1,5% air, dan 27,2% abu. Dengan kandungan tersebut, cangkang telur bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tanaman dan meningkatkan kesehatan tanah.

Sumber Nutrisi Tanaman
Kandungan kalsium pada cangkang telur yang mencapai 90% sangat baik sebagai sumber nutrisi tanaman. Biasanya tanaman yang kekurangan kalsium akan tumbuh kerdil, bunganya mudah gugur, gagal berbuah, hingga mudah terserang hama seperti lalat buah.

Cara Penggunaan:
Caranya sangat mudah, cukup hancurkan cangkang telur lalu campur dengan media tanam. Biasanya cangkang telur dapat terdekomposisi dan dapat diserap tanaman dalam beberapa minggu.

Pengendali Hama
Cangkang telur dapat mengendalikan hama tanaman seperti siput, hama putih, kutu, dan kumbang. Ketika terkena serbuk cangkang telur, hama akan menggeliat. berbalik, lalu mati.

Cara Penggunaan:
Hancurkan cangkang telur hingga berbentuk serbuk, lalu taburkan ke media tanam dan pada bagian tanaman yang sudah rusak agar mencegah hama datang kembali dan merusak tanaman.

Gimana? Gampang, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *