Olahan Makanan Berbahan Dasar Kopi

Olahan Makanan Berbahan Dasar Kopi

Menu berikut di bawah ini mungkin memang belum umum kita dengar, lihat, dan coba. Tapi buat kalian yang senang berkreasi dengan masakan, mungkin tidak sabar untuk meraciknya. Yuk kita coba Teman Ekosis!

  1. Nasi Goreng Kopi
    Berbeda dengan olahan nasi goreng pada umumnya, makanan yang satu ini dibuat dengan cara menambahkan bumbu kopi dalam proses memasak. Kopi dimasukkan bersama saus tiram, saus tomat, serta lada dan garam. Agar cita rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan cabai kering, paprika, dan potongan udang.
  2. Selai Kopi
    Umumnya kita akrab dengan selai rasa cokelat, kacang, hingga buah-buahan. Kamu juga harus mencoba olahan kopi yang satu ini nih! Hanya perlu menambahkan 3 sdm kopi bubuk, 2 sdm tepung terigu, 1 sdm margarin, 1 sdt vanili, dan 1 gelas susu cair. Mudah kan?
  3. Ayam Goreng Saus Kopi
    Cara membuat menu ini tidak sulit kok, teman Ekosis! Ayam cukup direndam dalam air kopi selama 4 jam, lalu digoreng hingga garing. Jika sudah, kamu tinggal memberi siraman saus kopi di atasnya. Saus kopi bisa didapat dengan mencampurkan saus tiram, jus apel, serta bumbu lainnya. Hmm rasa kopi bisa langsung terasa di suapan pertama.
  4. Sambal Kopi
    Sambal nanas? Sambal mangga? Udah biasa! Cobain yuk sambal kopi. Kamu hanya perlu menyiapkan bawang bombay, garam, setengah sendok gula, 50 gram biji kopi, bumbu halus, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Semua bahan diulek, lalu ditumis hingga layu.
  5. Pudding Kopi
    Cara membuat puding kopi, kurang lebih sama dengan puding lainnya. Jika kamu tidak ingin puding terasa pahit, kurangi takaran kopi, kurang lebih satu sendok teh. Kamu juga bisa menambahkan susu cair agar tekstur puding lebih lembut dan warnanya tidak terlalu pekat.

Menarik bukan? Kamu bisa mencoba langsung resep ini, atau bisa dicoba untuk peluang usaha baru, loh!

Butuh biji kopi untuk diolah sendiri? Yuk download aplikasi ekosis, disitu kamu bisa mendapatkan biji kopi langsung dari petaninya.

Sumber: goukm.id

Foto oleh NGOC BAO LE dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *