Pabrik Kayu Putih Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Pabrik Kayu Putih Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Pabrik yang melakukan panen perdana pada 12 Desember lalu ini terletak di Desa Oi Katupa, Tambora, Bima, NTB. Dibangun dan dikelola oleh PT Sanggar Agro Karya Persada di bawah pimpinan Jimmy Sumitro.

Pabrik ini telah dilengkapi dengan mesin penyulingan modern. Dalam Sehari, kapasitas produksi daun minyak kayu putih mencapai 60 ton. Dari 60 ton daun tersebut dapat dihasilkan sekitar 1 ton minyak kayu putih. Jika diuangkan, kira-kira dapat menghasilkan hingga 300 juta per hari!

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifli Firmansyah mengungkapkan, hadirnya industri ini akan memberi manfaat pada lahan-lahan kosong yang selama ini tidak dimanfaatkan. Hingga saat ini telah ditanam sekitar 2.500 hektar dari 5.000 hektar lahan akan dimanfaatkan untuk tanaman pohon kayu putih.

Nantinya di sekitar lokasi akan dibangun sekolah khusus yang berkaitan dengan minyak kayu putih. Hal ini untuk menjamin SDM yang akan mendukung keberlangsungan pabrik tersebut. Masyarakat lokal akan diberdayakan, sehingga tidak lagi mengambil tenaga kerja dari luar.

Sumber: disperin.ntbprov.go.id

Gambar oleh Abel Domínguez dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *