Pasar Ikan Hias Indonesia Dikuasai Singapura

Pasar Ikan Hias Indonesia Dikuasai Singapura

Ikan hias banyak sekali dihasilkan di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan saat ini pasar ikan hias masih dikuasai oleh Singapura, namun yang bikin prihatin adalah ikan yang dijual dari Singapura berasal dari Indonesia.

Salah satunya adalah ikan Botia, yang berasal dari Indonesia tapi seluruh dunia tahunya bahwa ikan itu dari Singapura karena paling banyak diekspor oleh negara tersebut.

Menurut Edhy Prabowo, ikan hias masih belum begitu tergarap di Indonesia, padahal produksinya sangat banyak dan berkualitas tinggi. Sektor budidaya perikanan khususnya ikan hias juga menjadi fokus utama.

Cara yang tepat untuk mendongkrak industri ikan hias adalah dengan meningkatkan hubungan antara nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan.

Selain itu, pentingnya teknologi digital menjadi salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Ekosis adalah salah satu teknologi digital yang mencakup ekosistem agribisnis yang menguntungkan bagi setiap pelaku.

Dengan menggunakan Ekosis, Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi ikan hias kepada banyak orang, didalam dan diluar negeri.

Sebagai penutupnya, Edhy Prabowo mengatakan bahwa ada dua tugas penting yang perlu diselesaikan. Yang pertama adalah perlunya komunikasi dua arah antara nelayan dan juga pengusaha di sektor itu. Lalu yang kedua perlu ditingkatkan budidaya perikanan hias mulai dari teknologi, edukasi, peraturan, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *