Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah di Pot

Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah di Pot

Bingung ingin mencoba berkebun namun memiliki lahan yang sempit? Simak tips dari Ekosis untuk membudiyakan jahe di rumah dengan lahan terbatas, cukup ditanam di pot saja.

  1. Persiapan Media Tanam
    Siapkan media tanam berupa tanah, pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1 lalu isikan ke dalam pot, polybag, atau karung.
  2. Memilih dan Menyemai Bibit
    Saat memilih bibit, perhatikan kecerahan warnanya, pastikan bibit berumur tua, tidak ada luka pada rimpang, serta bebas dari penyakit. Kamu bisa merendam bibit jahe merah ke dalam larutan fungisida selama 15 menit untuk memastikan bibit terbebas dari jamur dan bakteri penyebab kebusukan. Semai bibit di atas jerami. Usahakan menyemai bibit di daerah yang lembab dan jauh dari sinar matahari.
  3. Teknik Menanam
    Saat bibit jahe merah mengeluarkan tunasnya, pindahkan ke dalam media tanam yang sudah dipersiapkan tadi. Kemudian tancapkan 3 hingga 5 rimpang pada media tanam. Letakkan dalam posisi berdiri dengan mata tunas di atas, lalu tutup dengan tanah atau dengan jerami kering dengan ketebalan 3-5 cm.
  4. Pemeliharaan Jahe Merah
    Lakukan penyiraman rutin setiap sore hari mulai dari hari pertama hingga 3 bulan waktu penanaman. Berikan pupuk organik saat usia tanam 2 bulan dengan takaran 1/5 kapasitas media tanam.

Ketika usia jahe mencapai 10-12 bulan, jahe siap untuk dipanen! Umumnya hasil panen satu karung dapat menghasilkan rimpang jahe 2 hingga 5 kg. Wah, menggiurkan ya!

Sumber: infoagribisnis.com

Gambar oleh joe wei dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *