Perhatikan Hal Ini Sebelum Mencoba Essential Oil

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mencoba Essential Oil

Tahukah kamu apa itu minyak atsiri? Kalau Essential Oil tentu sudah pernah dengar, dong? Nah, minyak atsiri dan essential oil sebenarnya adalah benda yang sama lho, teman Ekosis! Yuk, kita ulik minyak yang satu ini!

Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Aromaterapi
    Umumnya, essential oil digunakan sebagai aromaterapi. Aroma minyak ini dipercaya dapat merangsang sistem limbik yang mempengaruhi fungsi emosi, denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, ingatan, hingga keseimbangan hormon dan juga stress.
  2. Sebagai olesan
    Essential oil dapat dioles pada bagian tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah, serta membantu penyerapan minyak lebih maksimal. Jika ingin menggunakan cara ini, jangan lupa tes alergi dulu, ya!
  • Tes Alergi
    Untuk mengurangi kemungkinan kulit mengalami iritasi, pastikan kamu sudah mencampur essential oil dengan minyak pembawa (carrier oil) seperti minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum dioleskan ke kulit. Usahakan mencoba dalam jumlah sedikit.
  • Pastikan Kualitas Minyak
    Pilih minyak atsiri/essential oil yang tak ada kandungan tambahan dan memiliki sertifikasi yang jelas dan sudah terdaftar di BPOM RI.
  • Jangan Sembarang Mengoleskan Essential Oil
    Beberapa jenis essential oil tidak cocok dioleskan langsung ke tubuh. Pastikan cek label kemasan dan cara pemakaian sebelum digunakan, ya!
  • Diskusikan Dengan Ahli
    Selalu diskusikan dengan ahli sebelum menggunakan essential oil untuk anak-anak, terlebih bayi, ibu hamil dan menyusui.

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *