Physical Distancing Membuat Logistik Perikanan Terkendala

Physical Distancing Membuat Logistik Perikanan Terkendala

Para pelaku usaha perikanan mengeluhkan kendala akses keluar dan masuk wilayah akibat kebijakan pembatasan dan penutupan akses di wilayahnya masing-masing.

Beberapa waktu lalu, pengusaha perikanan di Kabupaten Pati sempat harus mengurungkan pengiriman ikan ke Jakarta lantaran khawatir adanya penutupan akses. Sementara itu di Jawa Barat, pengiriman bantuan pakan ikan mandiri dari Pangandaran sebanyak 20 ton sempat tertahan 1 hari akibat sulitnya akses ke wilayah zona merah.

Menurut Slamet Soebjakto, Direktur Jendral Perikanan Budidaya, akses pengiriman input produksi seperti pakan ikan/calon induk, benih, bibit rumput laut dan sarana produksi lainnya serta hasil produksi budidaya dan nelayan seharusnya dipermudah dan tidak dibatasi. Tidak lain karena sektor ini sangat erat kaitannya dengan suplai pangan bagi masyarakat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini juga telah meminta jaminan akses pengiriman sarana produksi dan logistik di bidang kelautan dan perikanan untuk tidak dibatasi, termasuk di wilayah-wilayah zona merah pandemi Covid-19.

Wah, semoga ada kabar baik secepatnya ya, teman Ekosis!

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Foto oleh Free-Photos dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *