Produk Agribisnis Pasca Produksi

Produk Agribisnis Pasca Produksi

Presiden Joko Widodo meminta para menterinya untuk mulai fokus terhadap peningkatan produksi pertanian dan perikanan off farm atau pascaproduksi, dalam rangka akselerasi penguatan ekonomi. Jokowi menilai selama ini pemerintah hanya berfokus pada upaya penjualan barang mentah saja.

“Kita tidak perah menyentuh off farm-nya. Terutama pasca produksi,” ucap Jokowi saat mempimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Menurut Jokowi, petani dan nelayan perlu keluar dari aktivitas on farm menuju ke off farm dengan memberikan nilai tambah aktivitas usaha tani dan perikanan. Salah satunya, melalui pengolahan produk pertanian dan perikanan dan memberikan nilai tambah yang lebih besar.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah telah memiliki skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, plafon anggaran KUR di 2020 mencapai Rp 190 triliun dengan bunga hanya 6 persen.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar para petani dan nelayan mulai didorong untuk bergabung dalam kelompok-kelompok atau korporasi besar. Dengan begitu, petani dan nelayan memiliki nilai atau skala ekonomi yang besar serta jaringan dan ekosistem yang memadai.

Aplikasi ekosistem marketplace agribisnis, Ekosis. Juga mendukung keputusan presiden dengan menyediakan platform khusus bagi para produsen untuk menjual produk agribisnis mereka. Selain itu, Ekosis juga memiliki forum diskusi dengan topik-topik yang menarik untuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *