Produk Pertambangan Indonesia Terlaris

Produk Pertambangan Indonesia Terlaris

Indonesia sudah dikenal dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat banyak. Sumber daya alam yang dimiliki mulai dari perikanan, peternakan, pertanian, kehutanan, bahkan pertambangan. Sumber alam tersebut juga dibagi menjadi yang bisa terbarukan dan tidak terbarukan.

Industri pertambangan sendiri sedang dalam peningkatan dan kekayaan hasil tambang sangat melimpah dari Sabang sampai Merauke. Berikut adalah barang tambang yang paling banyak di Indonesia.

1. Minyak Bumi
Salah satu kekayaan hasil tambang di Indonesia adalah minyak bumi, yang berasal dari fosil organik dan melalui proses geokimia yang mengubahnya menjadi minyak. Minyak bumi banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain-lain.

Di Indonesia, minyak bumi banyak ditambang di berbagai daerah seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Pada daratan kepulauan Maluku dan Papua minyak bumi juga dapat ditemukan. Selain di daratan, minyak bumi juga terdapat pada area lepas pantai.

2. Batu Bara
Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan pada zaman purba yang mengendap pada lapisan tanah hingga jutaan tahun lamanya dan mendapat tekanan dan suhu yang tinggi sehingga membentuk batu bara.

Batu bara banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik dan energi panas. Batu bara juga digunakan untuk kebutuhan industri dan digunakan untuk membantu proses pembuatan logam murni.

Batu bara adalah sumber utama pembangkit listrik, di dunia masih banyak pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai bahan baku energinya.

Di Indonesia sendiri, kandungan batu bara terbesar ada di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Selain itu ada juga di Sumatra Selatan. Faktanya, pada tahun 2016 Indonesia masuk kedalam 10 besar negara produsen batu bara terbesar di dunia.

3. Timah
Timah adalah salah satu bahan tambang yang cukup penting. Timah dapat diolah dan digunafkan sebagai kaleng makan, pelapis besi agar tidak berkata, pembukus permen, coklat, hingga rokok. Timah juga menjadi salah satu bahan terpenting untuk digunakan memproduksi alat-alat elektronik seperti komputer, TV, dan sebagainya.

Timah terdapat pada batu-batuan granit. Timah akan dipisah dari batu-batuan yang ada pada granit dan akhirnya akan diolah menjadi biji timah dan dapat digunakan dalam skala yang lebih besar.

Indonesia memiliki cadangan timah terbesar nomor 4 setelah Cina, Malaysia, dan Peru, dan menjadi negara terbesar kedua pengekspor timah di dunia. 90 persen timah yang dihasilkan di Indonesia berasal dari Kepulauan Bangka dan Belitung.

4. Bijih Besi
Bijih besi berasal dari batu pasir yang melalui proses ekstrasi dan dapat diproses menjadi logam besi. Logam besi digunakan sebagai bahan utama logam baja. Komponen logam baja sendiri digunakan untuk bangunan, infrastruktur, peralatan, mobil, kapal, mesin, hingga senjata.

Tambang bijih besi di Indonesia banyak terdapat di daerah Cilacap, Lampung, dan pulau-pulau kecil sekitar Kalimantan. Pengolahan biji besi di Indonesia dilakukan oleh PT Krakatau Steel yang terletak di Cilegon.

5. Emas
Emas adalah salah satu logam mulia yang tergolong tahan korosi atau berkarat. Emas juga merupakan logam berharga dengan nilai dagang yang cukup tinggi. Dalam sejarah, emas digunakan sebagai mata uang dan alat tukar.

Emas juga masih menjadi logam dengan nilai tukar yang tinggi karena masih banyak digunakan untuk berbagai macam perhiasan dan industri lainnya.

Tambang emas terbesar terletak di Indonesia, tepatnya di Puncak Jaya gunung Jayawijaya yang bernama Tambang Grasberg dan dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang berbasis di Amerika Serikat.

6. Tembaga
Salah satu jenis logam murni adalah Tembaga. Logam yang berwarna jingga kemerahan ini banyak dipakai sebagai konduktor tenaga listrik dan panas, bahan bangunan, dan juga komponen dari campuran logam.

Tembaga sudah digunakan oleh manusia sejak dahulu kala. Logam ini akan berubah menjadi kehijauan ketika mengalami proses oksidadi dan menjadi berkarat.

Pertambangan tembaga sendiri banyak terdapat di daerah Papua yang dimana pengolahannya masih dilakukan oleh PT Freeport.

7. Intan
Batu Intan adalah satu jenis barang tambang yang dikenal sangat keras. Batu Intan sering digunakan untuk mata bor mesin dan juga perhiasan dengna nilai jual yang sangat tinggi.
Daerah penghasil intan terbesar di Indonesia terdapat di daerah Martapura, Kalimantan Selatan

8. Nikel
Nikel adalah logam yang dalam penggunaannya banyak dicampur dengan besi agar menjadi tahan karat dan menjadi baja, dicampur dengan tembaga agar menjadi kuningan dan perunggu. Selain itu nikel digunakan untuk membuat mata uang logam.

Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia terdapat di Soroako, Sulawesi Selatan dan Pomala, Sulawesi tenggara. Belakangan ini, Indonesia berencana membatasi ekspor Nikel ke Uni Eropa, sehingga membuat negara Uni Eropa panik.

Itulah kekayaan sumber daya alam pada sektor pertambangan. Indonesia memiliki beragam kekayaan pertambangan dengan nilai jual yang sangat tinggi. Penggunaan teknologi digital juga membantu para pelaku agribisnis untuk berjualan dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *