Ragam Susu Hewan, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Ragam Susu Hewan, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Penasaran dengan manfaat masing-masing susu hewan yang tersedia di pasaran? Yuk simak beragam manfaatnya di bawah ini.

1. Susu Sapi
Susu sapi mengandung berbagai vitamin dan asam amino yang dibutuhkan tubuh, diantaranya vitamin A, vitamin B2, potasium, magnesium, kalsium, zat besi, yodium, dan seng.

Bagi anak-anak, susu sapi penting untuk pertumbuhan tulang, sementara bagi orang dewasa dapat mencegah osteoporosis. Tidak hanya itu, zat yang terkandung pada susu sapi dapat mempengaruhi hormon melatonin yang merangsang rasa kantuk, sehingga membuat tidur jadi lebih nyenyak, lho!

2. Susu Kambing
Bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa alias alergi susu sapi, susu kambing adalah jawabannya, teman Ekosis! Menurut para ahli gizi, susu kambing lebih mudah dicerna tubuh serta tidak menimbulkan peradangan.

Di dalamnya terkandung asam lemak 35% lebih tinggi dibanding susu sapi, sehingga mampu membantu menormalkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kandungan kalsiumnya juga cukup tinggi sehingga dapat memperkuat tulang.

3. Susu Kuda
Kamu alergi susu sapi tapi gak suka susu kambing? cobain nih, susu kuda! Dibanding susu sapi, kandungan protein dan kalori susu kuda lebih sedikit. Sementara itu kandungan gulanya cukup tinggi, sehingga terasa lebih gurih dibanding susu lain.

Di Sumbawa susu kuda banyak dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan imunitas dan menstimulasi pembersihan organ tubuh.

4. Susu Kerbau
Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kerbau seperti vitamin A, C, B6, dan B12, magnesium, fosfor, potasium, dan zat besi berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tingginya kandungan protein di dalamnya juga baik untuk kesehatan otot. Selain itu kandungan lemak yang tinggi cocok untuk teman Ekosis yang ingin menambah berat badan!

5. Susu Unta
Susu yang dipercaya Masyarakat Timur Tengah dapat menyembuhkan berbagai penyakit ini nyatanya memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dibanding susu sapi. Zat besi di susu unta juga cukup tinggi. Selain itu terdapat kandungan asam lemak tak jenuh, vitamin B, mineral dan anti mikroba yang tidak terdapat di susu sapi.

Sumber: kumparan.com, hallosehat.com

Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *