Revolusi Pertanian Jepang, Bisa Tanam Tanpa Lahan?

Revolusi Pertanian Jepang, Bisa Tanam Tanpa Lahan?

Rentetan bencana hingga kurangnya lahan dan sumber daya manusia, membuat Jepang terus berinovasi melalui teknologi terkini untuk mengatasi masalah di sektor pertaniannya.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Kini mereka dapat bercocok tanam tanpa lahan, lebih hemat air hingga 90%, bahkan tanpa menggunakan pestisida!

  1. Tanaman Tumbuh di atas Selaput
    Belakangan dunia dikejutkan dengan penemuan ilmuan Jepang yang menjadikan selaput polimer bening dan berpori sebagai media tanam. Selaput ini ternyata bisa membantu penyimpanan cairan dan nutrien tanaman. Uniknya lagi, materi ini awalnya justru dirancang untuk mengobati ginjal manusia, lho!
  2. Hemat Air dan Tanpa Pestisida
    Selain menggunakan 90% lebih sedikit air dibandingkan pertanian tradisional, teknik yang dikembangkan Yuichi Mori ini juga tidak lagi menggunakan pestisida, karena polimer telah berperan sebagai penghambat virus dan bakteri. Tak hanya itu, teknik ini juga diklaim dapat membuat tanaman tumbuh dalam keadaan apapun!
  3. Diadopsi oleh Negara Lain
    Teknik budidaya yang dikembangkan Yuichi Mori telah digunakan oleh lebih dari 150 wilayah di Jepang, serta diadopsi beberapa negara lain, salah satunya Uni Emirat Arab (UAE).
  4. Bangkit Setelah Bencana Tsunami dan Nuklir
    Temuan ini berperan penting untuk membangun kembali daerah pertanian Jepang Timur yang terkena bencana Tsunami dan tercemar berbagai zat dan radiasi dari bencara nuklir pada Maret 2011 lalu.

Sumber: bbc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *