Si Penjual Ikan Yang Jadi Menteri

Si Penjual Ikan Yang Jadi Menteri

Kali ini kita akan ulik kisah Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019 nih, teman Ekosis! Seperti apa sih perjuangan perempuan tangguh yang satu ini?

  • Bersekolah Hingga SMP
    Terlahir dari keluarga yang sederhana, Bu Susi memulai berjualan pakaian dan sprei sejak di bangku SMP. Beliau sempat melanjutkan ke bangku SMA, namun terhenti di kelas 2.
  • Jual Cincin Untuk Modal Menjual Ikan
    Dengan menjual cincin seharga 750 ribu rupiah, Ibu Susi memulai bisnis jual ikannya dengan menawarkan ikan segar dari satu restoran ke restoran lain. Setelah 1 tahun, beliau berhasil menguasai bursa lelang ikan di Pangandaran. Bahkan beliau juga berhasil menjual lobster ke luar negeri, loh!
  • Dari Bisnis Ikan Hingga Bisnis Pesawat Terbang
    Permintaan lobster segar dari luar negeri yang menggunung, membuat Bu Susi harus memutar otak agar lobster tetap sampai di negara tujuan dengan kondisi baik dan segar. Akhirnya di tahun 2005, beliau mendapatkan pinjaman bank sebanyak 47 miliar, Bu Susi kemudian membangun landasan udara di Pangandaran dan membeli 2 unit pesawat Cessna Caravan. Sejak adanya pesawat ini, Susi Brand semakin meluas di seluruh manca negara. Hingga kini, Susi Air telah beralih menjadi bisnis penerbangan komersil, dan telah mempekerjakan ratusan pilot dan kru untuk mengudarakan pesawatnya yang kian bertambah.
  • Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja (2014-2019)
    Sebelum dilantik, Bu Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya untuk menghindari konflik kepentingan. Saat menjabat, beliau membuat berbagai terobosan, salah satunya dengan menenggelamkan kapal asing yang mencuri di lautan Indonesia!
  • Mengukir Banyak Prestasi
    Perempuan yang satu ini banyak sekali mendapatkan penghargaan nasional hingga skala dunia loh, teman Ekosis! Beberapa penghargaan internasional beliau, diantaranya:
    1. (2019), Beliau menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 100 pemikir dunia di bidang pertahanan dan keamanan.
    2. (2017), Masuk dalam The BBC 100 Women, dianggap sebagai sosok yang menginspirasi dan memberikan banyak kontribusi positif.
    3. (2017), Mendapat Penghargaan “Excellence in National Stewardship” dari Peter Brenchley Ocean Awards, karena dinilai berani melindungi kepentingan ekonomi dan lingkungan kelautan bangsa Indonesia dengan memberantas operasi armada kapal asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal.
    4. (2016), Penghargaan Leaders for A Living Planet dari WWF, atas upaya memajukan sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan.
    5. (2011), Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy dari APEC, karena kesuksesan beliau dalam menjalankan beberapa perusahaannya, diantaranya PT ASI Pudjiastuti Aviation dan PT ASI Pudjiastuti Marine Product

Sumber: popbela.cominfobiografi.comkelasinspirasi.com

Foto: Humas KKP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *